Ukraina Ancam Lakukan Perang dengan Rusia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 16 Oct 2015 10:59 WIB
ukraina
Ukraina Ancam Lakukan Perang dengan Rusia
Pasukan Ukraina siap berperang lawan Rusia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kiev: Ukraina mengancam untuk melancarkan 'perang legal' dengan Rusia. Ancaman dilontarkan setelah Rusia menahan kesepakatan restrukturisasi utang.

Kesepakatan restrukturisasi utang ini dianggap vital untuk mengatasi negara yang tengah dilanda krisis tersebut. Restrukturisasi utang bisa mencegah Ukraina jatuh ke lubang krisis panjang.

Pemerintah Ukraina pun memberikan tenggat waktu hingga 29 Oktober 2015, untuk menerima syarat yang diajukan sebelumnya. Jika tenggat waktu lewat, maka Ukraina akan mengajukan masalah ini ke pengadilan internasional.

"Seluruh kreditor Ukraina sepakat untuk menghapus utang Ukraina," ujar Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk, seperti dikutip AFP, Jumat (16/10/2015).

PM Yatsenyuk menambahkan, dalam pertemuan di London, Inggris Rabu (14/10/2015), para kreditor akan memberikan pengurangan utang hingga USD3 miliar. Selain itu kreditor juga akan merestrukturisasi utang Ukraina hingga USD8,5 miliar.

Tetapi kesepakatan ini harus didukung oleh pemegang obligasi lain yang menginginkan syarat lebih baik. Perhatian utama tertuju para Rusia yang membeli obligasi Eurobond senilai USD3 miliar, dari mantan PM ukraina Viktor Yanukovych pada Februari 2014 lalu.


(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA