Tips Motor

Motor Kesayangan Sering Slip Kopling? Ini Penyebabnya

Ekawan Raharja    •    Senin, 19 Oct 2015 09:36 WIB
tips motor
Motor Kesayangan Sering Slip Kopling? Ini Penyebabnya
Kopling slip bisa diakibatkan karena kampas kopling yang sudah aus. Team Arizona

Metrotvnews.com, Jakarta: Terkadang motor kesayangan yang dikendarai bisa terkena berbagai masalah. Salah satu masalah yang menghinggapi adalah slip kopling.

Kopling slip kondisi saat memindahkan gir atau pindah transmisi kendaraan, namun nyatanya transmisi tidak berpindah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh saat berkendara, dan akan terjadi engine brake.

Ahmad Rustadi, External Training Development PT Daya Adicipta Mustika, menjelaskan kopling slip terjadi karena kampas kopling. Kampas kopling yang sudah habis menyebabkan gerigi penggerak pada transmisi kendaraan tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga perpindahan gigi menjadi meleset.

"Slip kopling bisa terjadi karena banyak hal. Namun biasanya yang penyebab utamanya adalah kampas kopling yang sudah aus. Cukup diganti dan masalahnya kelar," ujar pria yang akrab disapa Aru saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Aru melanjutkan bahwa kampas kopling yang habis, tak memberikan dampak kerusakan. Hanya saja tenaga motor kesayangan bakal berkurang karena kinerja gir tidak sempurna.

Jadi sudah tahu penyakitnya? jangan tunda mengganti kampas kopling jika sudah terjadi gejala tersebut.


(UDA)