Menkopolhukam: Aceh Singkil Terkendali

Githa Farahdina    •    Jumat, 16 Oct 2015 13:04 WIB
bentrok
Menkopolhukam: Aceh Singkil Terkendali
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi di Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam, berangsur membaik. Pagi hari ini, kondisi di wilayah itu kembali kondusif. Awal pekan lalu, Aceh Singkil dilanda kerusuhan yang disulut oleh pembongkaran rumah yang dipergunakan sebagai tempat ibadah. 

"Semua terkendali semakin baik," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan usai menghadiri coffee morning di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/10/2015). Luhut mendapatkan laporan terbaru kondisi Aceh Singkil pagi tadi.

Saat ini, jelas Luhut, 5.000 orang pengungsi diharapkan bisa kembali ke kediaman masing-masing beberapa hari ke depan. Pengungsi saat ini belum berani kembali diduga karena masih merasa ketakutan.

"Tapi ternyata tidak seperti yang kita bayangkan, polisi dan TNI mampu mengendalikan keadaan dengan baik dan juga pemerintah daerah melakukan tugasnya dengan baik," tambahnya.

Peristiwa Aceh Singkil terjadi Selasa 13 Oktober. Satu warga tewas dan empat lainnya terluka parah. Seorang warga tewas bernama Samsul, 21, tewas setelah terkena senjata rakitan di bagian kepala dan pelipis kiri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Metro TV, bentrok antarwarga dipicu pembongkaran paksa rumah ibadah yang diduga tak mengantongi izin oleh sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi pemuda. Pembongkaran paksa berujung pembakaran rumah ibadah di Desa Dangguran.


(KRI)