Luhut: Penetapan Bencana Nasional Akan Sulitkan Penanganan Asap

Githa Farahdina    •    Jumat, 16 Oct 2015 14:27 WIB
asap
Luhut: Penetapan Bencana Nasional Akan Sulitkan Penanganan Asap
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Rivan Awal Lingga/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tak akan menetapkan kebakaran hutan yang berdampak penyebaran asap di Sumatra dan Kalimantan sebagai bencana nasional. Menurutnya, penetapan bencana nasional justru akan bermasalah pada aspek hukum.

"Kalau kita sampaikan bencana nasional, nanti sepertinya yang membuat kesalahan di bawah itu menjadi punya hak untuk dimaafkan," tegas Luhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Pemerintah, tambah mantan Kepala Staf Kepresidenan itu, tak mau memberi celah bagi pembakar hutan. "Jadi biarkan begitu sehingga kami punya kewenangan melakukan penindakan tegas," kata Luhut.

Bencana asap didesak menjadi bencana nasional oleh banyak pihak. Pasalnya, korban asap semakin bertambah, bahkan ada korban yang meninggal.

Beberapa pihak menekankan, ditetapkannya kasus asap sebagai bencana nasional akan mempermudah pengucuran anggaran dan lingkup penanganan akan semakin luas.


(KRI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA