Jelang Final Piala Presiden 2015

PSSI Apresiasi Langkah Kepolisian Amankan Final Piala Presiden

Hilman Haris    •    Jumat, 16 Oct 2015 14:51 WIB
piala presiden
PSSI Apresiasi Langkah Kepolisian Amankan Final Piala Presiden
PSSI (MTVN - Hilman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah langkah ditempuh pihak kepolisian  dalam melakukan pengamanan jelang partai final Piala Presiden 2015 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu 18 Oktober. Salah satunya dengan melakukan penjagaan di sepanjang tol menuju lokasi pertandingan.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) merasa langkah yang dilakukan pihak kepolisian sudah benar. Oleh karena itu, mereka pun tak segan memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang sudah membantu final Piala Presiden berjalan dengan lancar.

"Jakarta sudah ditentukan menjadi lokasi final. Apresiasi buat kinerja kepolisian yang bergerak cepat untuk meminimalkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Ini yang sebenarnya kami harapkan sejak dulu," kata Direktur Media PSSI Sheila Purnama dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

PSSI ingin semua pihak agar mendukung upaya pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran pelaksanaan final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC. Dengan begitu, keributan antarsuporter yang ditakutkan bakal terjadi prapertandingan dan pascapertandingan tidak terwujud.

"Media juga diimbau untuk membuat pemberitaan yang tidak mendramatisir masalah dan segala macam bentuk provokasi," kata Sheila. 

Menurut rencana, ada sekitar 30 ribu orang dari pihak kepolisian disiagakan pada Minggu 18 Oktober. Sekitar 10 ribu ditempatkan di area SUGBK. Pengamanan tersebut melibatkan beberapa pihak seperti TNI dari Kodam Jaya sebanyak dua ribu personil, Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan seribu personel Satpol PP dan seribu personel Korps Brimob Polri.

"Pertandingan ini akan menyedot suporter dengan jumlah yang besar, Kami melakukan komunikasi dengan semua suporter agar pelaksanaan pertandingan berjalan lancar," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.

Polisi juga akan merazia barang-barang yang dibawa pendukung seperti minuman keras, narkoba, senjata api, "laser point", senjata tajam, kembang api, dan petasan sebelum para suporter memasuki stadion. (Ant)


(HIL)