Putin Klaim Serangan Terhadap ISIS Berjalan Positif

Fajar Nugraha    •    Jumat, 16 Oct 2015 14:59 WIB
suriah membara
Putin Klaim Serangan Terhadap ISIS  Berjalan Positif
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Burubai: Presiden Rusia Vladimir Putin sebut serangan udara yang diarahkan ke basis pertahanan kelompok militan Islamic State (ISIS), menunjukkan perkembangan positif.

Klaim itu disampaikan oleh Putin di hadapan pertemuan pemimpin negara pecahan Uni Soviet, di Kazakhstan. Putin dengan penuh keyakinan bahwa perkembangan positif diraih dalam rangkaian serangan udara yang dilancarkannya.

"Rusia turut menggapai Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Yordania dan Israel untuk membahas kerja sama dalam mengatasi terorisme," ujar Putin, seperti dikutip Reuters, Jumat (16/10/2015).

Untuk pertama kalinya, Rusia melakukan penyerangan dari udara ke tanah Suriah. Keputusan itu langsung diambil oleh Putin setelah mendapatkan persetujuan majelis tinggi terkait penggunaan kekuatan militer Rusia di luar negeri.

Putin menilai penyerangan dari udara itu adalah satu-satunya cara yang benar untuk memerangi militan ISIS yang ia sebut sebagai terorisme internasional di Suriah. Putin mengaku, sebagai negara sahabat, pihaknya turut menjaga perdamaian di Suriah. Ia khawatir aksi militan tersebut sampai ke Rusia.

Selain itu, kepentingan Putin mengerahkan kekuatan militernya di Suriah adalah untuk memastikan kelangsungan hidup Presiden Suriah Bashar al-Assad. Karena bagi Putin, Assad adalah sekutu utama Moskow di Timur Tengah.

 


(FJR)