Warga Yogyakarta Buru Tembakau Rasa Ganja

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 16 Oct 2015 15:50 WIB
narkoba
Warga Yogyakarta Buru Tembakau Rasa Ganja
Tembakau cap Gorilla yang beredar di Jakarta. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda Yogyakarta menemukan narkoba jenis baru berwujud tembakau cap Kingkong yang sudah masuk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tembakau tersebut dikabarkan memiliki dampak seperti ganja.

Pantauan Metrotvnews.com di kalangan penjual tembakau, banyak warga Yogyakarta yang menanyakan keberadaan tembakau cap Gorilla. Tembakau  cap Gorilla lebih dulu beredar di Jakarta karena sensasi yang dihadirkan seperti menghisap ganja. Di Yogyakarta, yang ditemukan polisi adalah tembakau cap Kingkong.

Seorang penjual tembakau di Yogyakarta yang enggan disebut identitasnya membenarkan jika pernah ditanya perihal tembakau itu. "Iya, banyak yang cari tembakau cap Gorilla," kata penjual tersebut, Jumat (16/10/2015).

Menurutnya, mereka yang menanyakan barang itu rata-rata masih muda. Meski begitu, ia mengaku tak paham pasti apa yang menjadi alasan orang mencari tembakau tersebut. "Tapi saya gak punya tembakau itu. Di sini hanya menjual tembakau lokal," ujarnya.

Kepala Badan Diklat DPD Gerakan Anti Narkotika (Granat) DIY, Mochammad Rikazy, mengatakan temuan tembakau berefek seperti ganja adalah fenomena baru. Sebab, hingga kini, baik kepolisian maupun BNNP DIY belum bisa menindak pemakai barang tersebut. 

"Tembakau cap Gorilla ataupun cap Kingkong ini fenomena baru. Belum bisa disimpulkan. Belum ada cara bagaimana pembuktiannya," ujar Rizaky.

Menurutnya, peredaran barang tersebut menambah kerugian bagi penggunanya. Mengingat, barang itu membuat penasaran bagi kalangan remaja.

Kepada penegak hukum, Rizaky memberi masukan untuk menindak orang yang memakai tembakau jenis itu. Apalagi jika efeknya merugikan orang lain.


(UWA)