Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Tampung 30.000 Penumpang

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 16 Oct 2015 16:00 WIB
kereta cepat
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Tampung 30.000 Penumpang
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Edi Sukmoro menargetkan penumpang kereta cepat Jakarta-Bandung akan mencapai 30 ribu penumpang per hari atau jauh lebih besar dibandingkan dengan kereta biasa yang hanya mampu membawa sebanyak 6.000 penumpang. 

"Target 30 ribu penumpang, dari target enam ribu penumpang. Angka ini meningkat lima kali lipat dari target kereta biasa," jelas Edi, ditemui dalam 'JVA Signing High Speed Railway of Jakarta-Bandung', di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Untuk merealisasikan peningkatan penumpang ini, Edi mengaku, pihaknya akan memberi pelatihan kepada setiap karyawan KAI dalam mengoperasikan kereta cepat rute Jakarta-Bandung.‎ Pelatihan ini diberikan dalam kurun waktu jangka pendek. 

Selain ‎itu, lanjutnya, KAI juga bakal menambah sekolah dan akademi kereta api di Tanah Air, termasuk perekrutan karyawan yang baru. "Seperti training short time 3-6 bulan. Bahkan, ada training juga sampai satu tahun," jelas dia.

Ketika ditanya berapa stasiun yang akan dilintasi, Edi menjelaskan, pihaknya belum bisa menjelaskan terlalu detail jumlah dan lokasi stasiun tersebut. Sebab, semua itu masih dalam kajian. "Nanti berangkat dari Gambir, Jakarta ke Gedebage, Bandung. Untuk menuju kota, kan ada LRT yang menghubungkan," tutup Edi.


(ABD)