Pemkab Jombang Abaikan Permintaan PKL Gus Dur

Nurul Hidayat    •    Jumat, 16 Oct 2015 16:01 WIB
pkl
Pemkab Jombang Abaikan Permintaan PKL Gus Dur
Sepi pembeli, lapak pedagang kaki lima di pekuburan Gus Dur banyak yang tutup. Foto: Metrotvnews.com/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Wisata Religius Makam Gus Dur angkat bicara terkait permintaan lahan berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL) di pekuburan Gus Dur.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Wisata Religius Makam Gus Dur, Purwanto, mengatakan hingga saat ini pemkab memang belum bisa menyediakan lahan untuk pembangunan lapak bagi PKL.

”Terminal memang sudah beroprasi, namun saat ini masih dalam tahap penataan sehingga lapak untuk pedagang belum tersedia. PKL belum diperbolehkan karena tempatnya memang belum ada,” ujarnya, Jumat (16/10/2015).

Purwanto menambahkan penataan dilakukan beberapa tahap sehingga tidak serta merta semua yang sudah direncanakan bisa dibangun sekaligus. Pihaknya mengatakan proses pembangunan lapak pedagang kemungkinan besar dikerjakan pada 2016. 

"Informasi yang kami terima dari PU Cipta Karya provinsi, (pembangunan lapak PKL) masih dalam proses pengajuan anggaran. Pada 2016 akan ada kegiatan pengurukan sekaligus pembangunan kios-kios atau lapak PKL dan musala,” ujarnya.

Masih menurut purwanto, meski sudah ada pengajuan di rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Jatim 2016, pihaknya juga masih menuggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim terkait anggaran tersebut.

"Jika memang disetujui DPRD, lapak untuk PKL akan ditempatkan di sebelah utara monumen Attauhid atau sebelah selatan jalan utama menuju pekuburan Gus Dur. Namun, semua itu bergantung provnisi dan kami belum mengetahui secara pasti kapan realisasinya,” jelas dia.

PKL yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Makam Gus Dur (PPMGD) mengaku mengalami penurunan pembeli secara drastis akibat tak berjualan di tempat strategis. Penurunan pendapatan diklaim mencapai 70 persen.


(UWA)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

5 minutes Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA