Ini 5 Syarat untuk Freeport Bisa Perpanjang Kontrak

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 16 Oct 2015 19:10 WIB
freeport
Ini 5 Syarat untuk Freeport Bisa Perpanjang Kontrak
Presiden Joko Widodo (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih enggan mengomentari terlalu banyak soal proses renegosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Namun, bila Freeport ingin memperpanjang kontrak maka harus ada syarat yang dipenuhi.

Menurut Jokowi, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Kontrak Karya yang ada, perpanjangan kontrak diperbolehkan dua tahun sebelum masa kontrak berakhir. Sementara kontrak Freeport berakhir 2021. Dengan kata lain, pembahasan perpanjangan tidak bisa dilakukan sekarang ini.

"Artinya renegosiasi dilakukan 2019," kata Jokowi, ditemui di Kantor Pusat Ditjen Bea Cukai, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Jumat (16/10/2015).

Saat ini, lanjut Jokowi, proses pembicaraan memang sedang dilakukan dan terus dibahas secara mendalam. Namun, Jokowi menekankan yang terpenting adalah Freeport harus memenuhi lima syarat yang ditentukan.

Pertama terkait pembangunan wilayah Papua. Kedua, yang berkaitan dengan bahan baku lokal yang digunakan. Ketiga, terkait divestasi. Keempat soal masalah royalti. Kelima terkait masalah industri. 

"Jangan sampai diambil mentah-mentah. Harus ada smelter-nya. Lima ini yang baru diproses," pungkas Jokowi.


(ABD)