1 Tahun Jokowi-JK

Jusuf Kalla Yakin Penegakan Hukum Lebih Baik

Husen Miftahudin    •    Jumat, 16 Oct 2015 19:14 WIB
1 tahun jokowi-jk
Jusuf Kalla Yakin Penegakan Hukum Lebih Baik
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis 15 Oktober 2015. Antara Foto/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Jusuf Kalla yakin penegakan hukum di Indonesia semakin baik. Penindakan terhadap para pejabat yang melanggar hukum dinilai membuat takut pejabat lainnya.

Catatan JK, sudah delapan menteri, 11 gubernur, dan begitu banyak anggota Dewan yang dipenjara karena korupsi. "Artinya, selama ini pasti banyak perbaikan, pasti lebih baik," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015).

"Mungkin saja secara jumlah (pelanggaran hukum) tetap, tapi secara presentase turun," ujarnya.

Meski begitu, JK menilai, masih ada pejabat yang bandel. Menurut JK, tidak ada satu negara pun di dunia yang 100 persen bebas dari kasus-kasus hukum.

Tugas semua pihak adalah mengurangi jumlah pelanggaran. "Saya yakin 15 tahun terakhir (kasus hukum) berkurang. Jangan lihat negatifnya negeri Anda ini, ada perbaikan kok," kata JK.

Pemerintahan Jokowi-JK genap setahun pada 20 Oktober. Dalam beberapa kesempatan, Presiden menekankan, penegakan hukum jangan sampai diintervensi.

Saat konflik Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri, Presiden menegaskan sinergi antarlembaga penegak hukum sangat penting.


(TRK)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA