Undang Ekonom UI, Ini Penjelasan Menko Darmin

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 16 Oct 2015 19:46 WIB
paket kebijakan ekonomi
Undang Ekonom UI, Ini Penjelasan Menko Darmin
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, sejumlah ekonom lulusan Universitas Indonesia (UI) yang diundang ke Kemenko Perekonomian bertujuan untuk mendapatkan pandangan dari masing-masing ekonom terkait Paket Kebijakan Ekonomi yang sudah diluncurkan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Ya mereka punya konsep pemikiran. Ada yang sifatnya mempertanyakan suatu usulan, pemikiran juga ada. Dan saya juga sebagai pengajar di sana tadinya," jelas Darmin, seusai pertemuan di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015).

Dirinya mengatakan, tidak semuanya yang hadir sependapat dengan apa yang telah dilakukan pemerintah. Sebagian dari mereka mengeluarkan pendapatnya dan memberikan masukan untuk kebijakan selanjutnya. "Namanya dengan orang kampus, itu kan enggak semua ngomongnya sejalan dengan kita," jelas Darmin.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Susi B Hirawan mengaku pihaknya percaya dengan kinerja Tim Ekonomi Pemerintah saat ini. Dirinya yakin, dengan paket kebijakan yang dikeluarkan bisa memperbaiki kinerja ekonomi Indonesia ke depannya.

"Pak Darmin memberikan paket-paket itu, kita memberikan komen. Paket itu tentunya akan membuat kinerja ekonomi bisa lebih baik. Kami percaya dengan tim ekonomi saat ini," jelas Susi.

Dari puluhan ekonom yang hadir, beberapa di antaranya merupakan tokoh-tokoh penting di jajaran kabinet Presiden Soeharto saat itu, di antaranya Johanes Baptista Sumarlin yang merupakan Menteri Keuangan serta Kepala Bappenas dan Menteri PAN-RB.

Emil Salim yang merupakan Menteri Perhubungan serta Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Serta Subroto, Menteri Pertambangan dan energi serta Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi.


(ABD)