Luhut Nilai Aturan soal Rumah Ibadah di Aceh Singkil Sudah Baik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 16 Oct 2015 19:54 WIB
bentrok
Luhut Nilai Aturan soal Rumah Ibadah di Aceh Singkil Sudah Baik
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah berperan penuh dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di Aceh. Menurut dia, bentrokan di Aceh Singkil bisa diantisipasi. 

"Pemerintah dan pemda harus berperan, supaya pluralisme kita jangan terusik hanya karena masalah-masalah yang sebenarnya tidak perlu menjadi masalah," kata Luhut usai menggelar pertemuan dengan sejumlah petinggi partai politik, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2015).

Namun, ia juga menyayangkan sikap sebagian masyarakat yang selama ini terus memprovokasi, memperuncing konflik horizontal.

"Kadang banyak (rakyat) kita diprovokasi rakyat (lain). Sehingga rakyat kita melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan," ujar dia.

Lebih jauh, Luhut menilai perangkat yang mengatur pembangunan rumah ibadah di Aceh Singkil sudah baik. Hanya, implementasinya harus benar-benar sesuai dengan apa yang tertera dalam aturan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan masalah-masalah baru akibat ketidaktegasan pemda dalam menerapkan aturan.

"Izin atau peraturan yang ada itu kalau dilaksanakan dengan baik, mestinya tidak ada masalah. Tapi kadang-kadang kita suka membuat aturan-aturan tambahan yang tidak perlu, dari pada aturan yang sudah jadi," pungkas dia.

Peristiwa Aceh Singkil terjadi Selasa 13 Oktober. Satu warga tewas dan empat lainnya terluka parah. Seorang warga tewas bernama Samsul, 21, tewas setelah terkena senjata rakitan di bagian kepala dan pelipis kiri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Metro TV, bentrok antarwarga dipicu pembongkaran paksa rumah ibadah yang diduga tak mengantongi izin oleh sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi pemuda. Pembongkaran paksa berujung pembakaran rumah ibadah di Desa Dangguran. 


(KRI)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA