Airin Ingatkan Warga Tangsel Aktif Cegah Konflik

Arga sumantri    •    Jumat, 16 Oct 2015 20:50 WIB
tangerang selatan
Airin Ingatkan Warga Tangsel Aktif Cegah Konflik
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany bersama pengurus FKDM Tangsel. MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Tangerang: Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengingatkan warganya untuk mendeteksi potensi konflik serta bencana yang ada. Pasalnya, karakteristik masyarakat Tangsel yang heterogen, menyimpan banyak potensi konflik.

"Kita harus mampu sedini mungkin mencegah potensi konflik ataupun bencana. Peran serta masyarakat luar, kemudian menjadi penting untuk mendukung hal itu," kata Airin di Kantor Wali Kota Tangsel, Pamulang, Tangsel, Banten, Jumat (16/10/2015).

Mencegah potensi konflik, kata Airin, tidak harus dengan tindakan berlebihan. Dia mengajak masyarakat lebih persuasif tatkala menemukan adanya potensi konflik, bencana sosial, maupun bencana atas ulah manusia.

"Tetap waspada, namun tidak bersikap berlebihan. Karena, jika berlebihan malah bisa menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat," pesan Peraih gelar Puteri Indonesia Favorit pemilihan Puteri Indonesia 1996.

Dalam melancarkan koordinasi dengan masyarakat, pemerintah kota Tangerang Selatan pun mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Tangerang Selatan. Airin berharap forum ini bisa jadi satu wadah masyarakat memberikan masukan-masukan pada pemerintah sebagai bahan rumusan pengambilan kebijakan.

"FKDM harus bisa koordinasi dengan semua sektor aparat. Serta mengkoordinasikan segala bentuk potensi konflik maupun bencana yang terdeteksi pada pemerintah," terang Airin.


(OGI)