200 Porsi Gudeg Gratis di Festival Taman Sari

Patricia Vicka    •    Jumat, 16 Oct 2015 22:07 WIB
budaya
200 Porsi Gudeg Gratis di Festival Taman Sari
Festival Wisata Budaya Tamansari 2015. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah DIY melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Wisata Budaya Tamansari 2015 pada Sabtu 17 Oktober di Wisata Taman Sari Kraton Yogyakarta.

Selain menampilkan kesenian budaya Indonesia, kelezatan makanan khas Yogyakarta, gudeg, akan turut ditampilkan di acara ini.

Ketua Paguyuban Gudeg DIY, Moersa Sudarsono mengatakan akan dibagikan 200 porsi gudeg gratis untuk para pengunjung usai sesi masak bareng.

"Sesudah pembukaan akan ada masak bareng yang dilakukan oleh anggota paguyuban gudeg se-DIY. Kita sudah siapkan 10 kilogram gori (bahan dasar gudeg), tiga ekor  ayam, 200 telur dan 5 kg krecek untuk dijadikan 200 porsi. Lalu gudeg dibagikan gratis dari pukul 15.30 WIB,"  jelas pemilik Gudeg Yu Djum ini di Dinas Pariwisata DIY, Jumat (16/10/2015).

Pengunjung yang tidak kebagian gudeg gratis bisa mencicipi kelezatan gudeg dengan harga super murah dalam bazar Kuliner Gudeg Jogja Istimewa.

"Ada 25 stan yang akan menjual gudeg murah seharga Rp3 ribu seporsi. Isinya gudeg, nasi, telur dan dapat minum es teh. Satu stan menyiapkan 100 porsi gudeg murah," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Arif Riyanta mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Selain itu juga untuk mengangkat kembali pamor gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

"Tujuan festival ini adalah mengangkat potensi wisata yang ada yakni Taman Sari dan budaya Yogyakarta. Kami sekaligus ingin memperkenalkan Gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta ke wisatawan," tuturnya.

Festival yang baru pertama kali diadakan di Taman sari ini akan dimulai pukul 15.00 WIB dan dibuka oleh ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Selain masak bareng gudeg, akan ada gelar seni budaya berupa tari-tarian tradisional seperti Tari Golek Karaton, Tari Zapin Melayu dan Tari Ligo Pulo Aceh. Acara akan ditutup dengan pagelaran Wayang Kulit Ki Bowo Edan.



(UWA)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

50 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA