Gara-gara Berkelahi dengan Guardiola, Karier Gelandang Ini Meredup

Hilman Haris    •    Jumat, 16 Oct 2015 22:10 WIB
barcelona
Gara-gara Berkelahi dengan Guardiola, Karier Gelandang Ini Meredup
Hleb (kanan) saat masih bermain untuk Barcelona (JOSEP LAGO / AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Performa Alexander Hleb sangat cemerlang saat membela Arsenal. Berkat aksi-aksinya di atas lapangan, Hleb akhirnya direkrut Barcelona pada 2008 dengan mahar 11,8 juta poundsterling. Anehnya, karier Hleb mendadak meredup ketika berseragam Blaugrana. Buktinya selama empat musim Hleb hanya tampil 19 kali bersama klub peraih tiga gelar musim lalu itu.

Hleb menyesal tak pernah memberikan performa maksimal bersama Barcelona. Ia mengaku kariernya di Barcelona berantakan karena kesalahannya sendiri. 

"Saya bersikap seperti anak kecil. Selain itu, saya selalu berdebat dan berkelahi dengan pelatih Barcelona ketika itu, Josep Guardiola. Saya tidak pernah mendengarkannya. Guardiola meminta saya untuk belajar bahasa Spanyol. Tapi saya tak pernah mau melakukannya," ungkap Hleb.

"Semuanya terjadi karena kesalahan saya. Saya stres karena ada masalah pribadi pada saat itu," tambah gelandang asal Belarusia itu.

Meski begitu, Hleb tak menyesal hengkang dari Arsenal ke Barcelona. Ia justru bangga karena pernah satu tim dengan Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Lionel Messi, Thierry Henry, dan Samuel Eto'o.

"Tak ada tim yang bisa menghentikan Barcelona ketika itu. Kami tidak bisa dihentikan. Saya pikir Barcelona pada saat itu lebih baik dari era sekarang," katanya.

Hleb tak pernah lagi membela klub besar usai gagal total di Barcelona. Barcelona sempat sempat  meminjamkannya ke sejumlah klub medioker dalam rentang 2009 hingga 2011, di antaranya VfB Stuttgard (2009--2010), Birmingham City (2010--2011), VfL Wolfsburg (2011). Setelah itu Hleb tampil bersama Krylia Sovetov Samara (2012), BATE Borisov (2012--2013), Konyaspor (2014), Genclerbirligi (2015), dan terakhir kembali ek BATE Borisov sejak awal musim 2015--2016.


(HIL)