Test Drive

Ferrari California T, Supercar yang Nyaman Buat Harian

Ahmad Garuda    •    Senin, 19 Oct 2015 11:00 WIB
ferrari
Ferrari California T, <i>Supercar</i> yang Nyaman Buat Harian
Meski statusnya sebagai supercar, namun Ferrari California T masih nyaman untuk dipakai harian. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendapat tawaran untuk melakukan test drive Ferrari California T, bukanlah sebuah tawaran gampangan. Lantaran mobil ini adalah sebuah supercar dan tentunya punya tenaga yang super pula. Berbicara tentang kemampuan, sudah pasti muntahan tenaga saat akselerasi, hingga handling-nya pastilah juara.

Namun hal yang luar biasa adalah karena supercar bermesin depan ini juga diklaim sangat nyaman buat berkendara pada kondisi jalan lalu lintas yang padat. Sebagai pembuktian, tim Metrotvnews.com pun melakukan pengetesan di kawasan BSD City dalam kondisi lalu lintas yang cukup padat. Meski tak bisa mengeksplorasi performa terbaiknya, namun untuk sisi kenyamanan sudah lebih dari cukup.


Performa
Berbicara tentang performa saat berkendara, rasanya tak adil jika menganggap bahwa Ferrari tak mampu menyajikannya. Lantaran brand mobil asal Maranello, Italia ini dari dulu sudah dikenal sebagai bangsawannya supercar. Lalu bagaimana dengan kemampuannya? 

Putar kunci kontak ke arah On, dan menekan tombol Start pada lingkar kemudi, membuat raungan khas Ferrari langsung menyapa. Meski tak membuatnya meraung hebat, namun beberapa kali tekanan pada pedal gas, sudah mengintimidasi orang yang mendengarnya untuk mencoba performa sebesar 560 daya kuda pada mesin V8. 

Tapi kudu bersabar, lantaran objek pengetesan memang bukan untuk top speed. Tim Metrotvnews.com, hanya mencoba beberapa kali running dengan dua mode yang terdapat di lingkar kemudinya, yaitu mode berkendara Comfort dan Sport. Meski ada satu mode lagi yaitu ESC (Electronic Stability and Traction Control) di nonaktifkan, namun cukup beresiko untuk driver kelas amatir untuk mencobanya.

Perbedaan utama terdapat pada setup suspensi yang lebih stiff alias kaku untuk tipe sport. Sementara untuk tipe berkendara Comfort, setup suspensi dibuat lebih nyaman. Untuk tipe berkendara dalam kota, pastinya mode Comfort adalah mode yang paling nyaman. Selain karena tarikan tenaganya lebih moderat alias lebih halus, juga karena mobil ini masih bisa diajak untuk berkendara ala Eco Driving.

Namun ketika memutar tuas ke mode berkendara Sport, muntahan tenaga yang tersalur ke roda, sontak terasa. Jangan lupa Ferrari California T sudah dilengkapi dengan sistem Turbo, jadi sangat wajar jika hentakan tenaga cukup besar tapi tetap nyaman. Dari data yang diklaim pihak Ferrari, torsi sebesar 755 Nm membuatnya mampu sprint dari titik diam ke 100 km per jam hanya dalam tempo 3,6 detik.

Jangan pernah ada ekspektasi hentakan tenaga yang membuat badan pengemudi seperti "dijambak". Lantaran perpindahan antar gigi transmisi sangat halus. Ini berkat penggunaan sistem double clutch pada sistem transmisinya.


Gaya dan Desain
Berbicara tentang gaya dan desain, Ferrari California T tak berbeda dengan versi sebelumnya. Masih menyajikan mode coupe rectractable roof alias atap yang bisa dibuka. Cara mengoperasikannya pun tak sulit. Hanya menekan tombol Open pada panel tengah sampai atapnya benar-benar terlipat sempurna. 

Di sinilah kelebihannya, karena mesin tak berposisi di tengah, sehingga spasi buat lipatan atap juga cukup lega. Sayangnya, meski terdapat jok baris kedua, tetap saja tak layak untuk orang dewasa. 

Hal lain yang juga membuat lebih nyaman, adalah panel-panel yang cukup ringkas. Hanya butuh beberapa menit untuk mempelajari panel-panel yang terdapat di bagian tengah, serta di bagian kemudinya. 


Rival
Kalau mencari rival yang paling masuk dalam hitungan Ferrari California T, Lamborghini Huracan adalah paling sepadan. Namun Huracan masih unggul dari sisi klaim tenaga yaitu sebesar 610 daya kuda. Tim Metrotvnews.com juga sempat merasakan performanya beberapa waktu lalu. Sama-sama mengaplikasi sistem double clutch, membuat Huracan juga nyaman untuk maniak supercar di zona perkotaan.

Rival lain yang bisa mengusik andalan Ferrari ini adalah Aston Martin V8 Roadster, Audi R8 V10 Spyder, dan Porsche 911 Turbo Convertible. 

Spesifikasi:
Tipe: Convertible
Size: Sub-Compact
Bobot: 3825 lbs
BBM: Bensin 
Tipe Mesin: 4.3L V8
Tenaga: 560 daya kuda @ 7750 rpm
Torsi: 755 Nm @ 5000 rpm
Transmisi: 7-Speed Automated Manual
Penggerak: Rear Wheel Drive
Suspensi Depan: Double Wishbone
Suspensi Belakang: Multi-Link
Pelek Depan: 19" Aluminum
Ban Depan: 245/40 ZR19
Pelek Belakang: 19" Aluminum
Ban Belakang: 285/40 ZR19


(UDA)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA