The Martian: Film versus Kenyataan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 17 Oct 2015 09:00 WIB
film fiksi ilmiah
The Martian: Film versus Kenyataan
Melalui tumblr miliknya, NASA menuliskan perbedaan keadaan sebenarnya dengan keadaan di film The Martian.

Metrotvnews.com: Film The Martian yang masih ditayangkan di bioskop, saat ini diklaim sebagai salah satu film science fiction paling realistik yang pernah ada. Ini bukan hal yang mengherankan mengingat NASA membantu pihak kru film untuk memastikan perangkat dan teknologi yang ditampilkan dalam film terlihat serealistik mungkin.

Dalam akun tumblr miliknya, NASA menyebutkan, meski The Martian mengambil setting waktu 20 tahun dari sekarang, tetapi sebenarnya, ada beberapa teknologi yang ada di film yang telah dikembangkan oleh NASA.

Inilah beberapa perbadingan antara kejadian/teknologi yang ada di film dan keadaan yang ada sekarang ini.

1. Misi
Dalam film The Martian, sang tokoh utama, astronot Mark Whatney terdampar di Mars. Pada kenyataannya, NASA telah menyelesaikan salah satu misi isolasi paling ekstensif mereka di Hawaii. Misi ini bernama HI-SEAS.

Tujuan dari misi ini adalah untuk melihat efek apa yang timbul pada para calon astronot jika mereka diharuskan tinggal di sebuah tempat yang terisolasi dengan privasi yang sangat terbatas. Misi terakhir berlangsung selama 8 bulan. Misi berikutnya direncanakan akan berlangsung selama 1 tahun.



2. Stasiun luar angkasa
Dalam film The Martian, space center alias pusat luar angkasa yang menjadi tempat untuk peluncuran misi astronot dalam misi Aries terlihat sangat canggih.

NASA menjelaskan, tujuan utama dari Ground Systems Development and Operations adalah untuk mempersiapkan space center yang dapat meluncurkan pesawat luar angkasa dan kendaraan generasi berikutnya yang didesain untuk menyelesaikan tujuan NASA dalam misi mereka seterusnya.



3. Tenaga penggerak di luar angkasa
Para astronot di The Martian berangkat dari Mars menggunakan sistem tenaga penggerak yang disebut Mars Ascent Vehicle (MAV). Saat ini, NASA sedang membuat sebuah roket yang mereka klaim sebagai roket paling bertenaga: Space Launch System (SLS).

NASA menyebutkan, saat roket ini selesai, para astronot akan dapat menjelajah luar angkasa ke tempat-tempat yang belum terjangkau sebelumnya.



4. Mission Control
Mission Control pada film The Martian berfungsi untuk memberikan dukungan yang diperlukan pada kru Aries 3. Sementara Control Mission NASA yang ada di Houston akan berfungsi untuk mendukung pesawat luar angkasa Orion dan juga para kru untuk menjelajah luar angkasa.



5. Habitat
Habitat yang ditunjukkan dalam film The Martian merupakan habitat buatan yang terbuat dari kanvas industri dan memiliki berbagai sistem life support. Sementara Human Exploration Research Analog (HERA) milik NASA merupakan sebuah modul tiga tingkat yang didesain dan dibuat melalui berbagai kompetisi universitas.

Berbagai penelitian tiruan pada habitat akan memungkinkan NASA untuk terus memperbaiki teknologi mereka untuk membuat tempat tinggal yang kokoh untuk digunakan di Mars.



6. Rover
Para karakter di film The Martian menggunakan kendaraan bernama Mars Decent Vehicle (MDV) untuk menjelajah Mars. Sementara ini, NASA sedang mengembangkan kendaraan generasi berikutnya untuk penjelajahan luar angksa berikutnya.

Kendaraan yang disebut dengan Mars Exploration Vehicle (MEV) didesain sebagai kendaraan yang fleksibel, yang dapat disesuaikan dengan tujuan pendaratan. Ia akan memiliki ukuran sebesar truk pickup. Ia dilengkapi dengan kabin bertekanan udara yang dapat menampung dua astronot selama 14 hari.



7. Panen
Jika Anda telah menonton The Martian, Anda pasti tahu bahwa Mark Watney sang tokoh utama menanam kentang di Mars untuk bertahan hidup. Saat ini, NASA telah berhasil menanam dan memanen selada di International Space Station (ISS). Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk misi penjelajahan luar angkasa di masa depan.



8. Spacesuit
Spacesuit yang dikenakan oleh para astronot dalam film The Martian memungkinkan mereka untuk bergerak bebas di permukaan Mars. Pada saat yang sama, spacesuit tersebut juga melindungi mereka dari keadaan alam Mars.

Prototipe milik NASA, yang dinamai Z-2 Exploration Suit, membantu pengembangan teknologi yang diperlukan oleh para astronot untuk bertahan hidup di permukaan Mars. Baju luar angkasa generasi berikutnya akan meningkatkan keamanan para astronot dan juga meningkatkan kemampuan mereka untuk berjalan di permukaan atau melakukan kegiatan lain.




(MMI)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

50 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA