Pentingnya Mengecek Label Halal di Kemasan Produk Makanan Korea

Putu Radar Bahurekso    •    Sabtu, 17 Oct 2015 11:37 WIB
kuliner
Pentingnya Mengecek Label Halal di Kemasan Produk Makanan Korea
Aneka produk di K-Food Fair 2015. (Foto:Putu Radar B.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan khas Korea kini semakin digemari masyarakat Indonesia seiring dengan berkembangnya kesukaan terhadap musik Korea atau K-Pop dan drama Korea.

Agar mudah dinikmati masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, beberapa produk makanan Korea akan diberi sertifikasi halal meskipun memang tidak semua makanan Korea yang masuk ke Indonesia terbuat dari bahan-bahan yang halal.

“Belum tentu semua produk Korea yang masuk itu halal karena sertifikasi halal itu kan pilihan, kalau mau yang pasti halal cek yang ada label halalnya,” ujar Tetty Helfery Sihombing, Direktur Standarisasi Produk Makanan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Meskipun masih dalam proses pengecekan dan sertifikasi label halal terhadap beberapa produk makanan Korea yang masuk ke Indonesia, namun pihak produsen makanan Korea mengaku sudah memiliki cukup banyak produk makanan halal.

“Saat ini kita sudah ada sekitar 500 produk jenis makanan yang halal, tapi yang baru disertifikasi halal di Indonesia baru ada 10 saja. Dan kebanyakan merupakan makanan yang sudah diproses atau bisa dibilang makanan instan,” ujar Jae Su Kim, President aT Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation.

“Beberapa jenis makanan yang sudah dapat serfitikasi halal adalah kimchi, rumput laut, mie instant, tteokbokki instant, dan makanan ringan,” lanjut Jae Su Kim.

Bisnis K-Food atau makanan Korea saat ini di Indonesia memang sedang dikembangkan, tidak hanya dilihat dari banyaknya restoran yang menyajikan makanan Korea, tapi juga masuknya produk makanan halal khas negeri Ginseng tersebut.

Berbagai jenis K-Food halal ini juga bisa Anda cicipi dalam acara K-Food Fair 2015 yang akan digelar di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, mulai hari ini hingga Minggu 18 Oktober 2015.


(LOV)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA