Penerima KJP DKI Beraksi di Jakarta Robofest 2015

Ilham wibowo    •    Senin, 19 Oct 2015 08:48 WIB
kjp
Penerima KJP DKI Beraksi di Jakarta Robofest 2015
Seorang pelajar menunjukkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) miliknya saat menunggu bus Transjakarta di Halte busway Pasar Baru, Jakarta, Senin (24/8).MI/ARYA MANGGALA

Metrotvnews.com, Jakarta: Peserta didik penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) akan mendapatkan forum pelatihan dan lomba kreatifitas dalam kegiatan Jakarta Robofest 2015. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Arie Budhiman menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dengan PT. Krisna Mukti, dalam rangka menyambut Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Teknologi Nasional, serta memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka. Rencananya Wakil Gubernur DKI Jakarta akan membuka secara resmi pada pukul 08.30 WIB di Gedung Nyi Ageng Serang, Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

“Jakarta Robofest 2015 ini merupakan ajang kreatifitas para peserta didik SD, SMP, SMA dan SMK penerima KJP, dalam bidang rancang bangun teknologi robot, sekaligus menjadi forum pelatihan dan lomba kreatifitas bagi anak bangsa terutama penerima Kartu Jakarta Pintar, menghadapi tantangan masa depan”, kata Arie, dalam siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Senin (19/10/2015)

Sementara itu Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Suharno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) robotika di kalangan peserta didik penerima KJP. Hal ini guna memudahkan dalam mempelajari dan berinteraksi dengan Iptek terkini.

"Mewujudkan pembelajaran yang produktif, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam upaya pembentukan mental Kewirausahaan, khususnya kepada penerima KJP," ucap Suharno.

Menurut Suharno, kegiatan Jakarta Robofest 2015 ini akan melibatkan 330 peserta didik dari jenjang SD, SMP dan SMA dan 165 guru pendamping. Ratusan peserta ini akan mengikuti kegiatan berbagai workshop dan lomba.

"Lomba yang diselenggarakan akan memperebutkan piala Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk kategori Robot lengan manual dan terprogram, serta Robot berkaki 4 terprogram infra red dan Wifi," pungkas dia.


(OGI)