Bush: Berbahaya Jika Trump Kuasai Nuklir AS

Willy Haryono    •    Senin, 19 Oct 2015 10:11 WIB
pemilu as
Bush: Berbahaya Jika Trump Kuasai Nuklir AS
Donald Trump (kiri) dan Jeb Bush dalam acara debat di Simi Valley, California, AS, 16 Oktober 2015. (Foto: AFP / FREDERIC J. BROWN)

Metrotvnews.com, Washington: Perang pernyataan antar dua kandidat calon presiden dari Partai Republik, Jeb Bush dan Donald Trump, berlanjut. Dalam acara "State of the Union" saluran televisi CNN, Minggu (18/10/2015), Bush menilai Trump menangani kebijakan luar negeri Amerika Serikat sebagai sebuah acara reality show. 

Bush mengingatkan warga AS Trump akan menguasai 4,650 hulu ledak nuklir jika terpilih sebagai presiden. CNN bertanya apakah Bush merasa Trump dapat menangani tanggung jawab sebesar itu.

"Jujur saja, saya sangat meragukan hal tersebut," ujar Bush. 

Dia menyebutkan ide Trump terkait penanganan krisis di Suriah. Trump pernah berkata akan membiarkan kelompok militan Islamic State (ISIS) menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, untuk kemudian digempur oleh Rusia. 

"Berbicara soal Suriah, dia bilang ISIS harus menggulingkan Assad, kemudian Rusia menghabisi ISIS. Sudah seperti permainan catur saja, itu bukan pendekatan serius," tegas Bush. 

"Itu adalah salah satu contoh dari kurang seriusnya (Trump). Ini adalah masalah serius. Kita dalam ancaman, dan saya rasa kita membutuhkan presiden yang pemikirannya stabil," sambung dia. 

Jumat kemarin, Trump menuding George W Bush sebagai sosok yang harus disalahkan atas tragedi 9/11. 

"Ketika Anda berbicara mengenai George W. Bush, yang saya maksud, (gedung) World Trade Center runtuh di saat kepemimpinannya," ujar Trump, kepada Bloomberg TV.

Kemudian jurnalis yang mewawancaranya, Stephanie Ruhle, mengintervensi ucapan Trump. "Tunggu dulu, Anda tidak bisa menyalahkan George Bush untuk peristiwa itu," tegas Ruhle.

Namun Trump tetap bersikeras bahwa Bush bersalah dan gagal menjaga keamanan negara. "Dia (Bush) presiden saat itu bukan? Salahkan dia atau tidak, presidennya adalah dia. The World Trade Center runtuh di saat dia berkuasa," tutur Trump.


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA