Menikmati Tiga Pulau Mini nan Eksotis di Pulau Belitung

Fitra Iskandar    •    Senin, 19 Oct 2015 15:26 WIB
wisata pantai
Menikmati Tiga Pulau Mini nan Eksotis di Pulau Belitung
Brigitta 'Gigi' Cynthia Cherrybelle saat bermain-main di Pulau Batu Berlayar. (Foto:Lenovo Media Camp)

Metrotvnews.com: Pulau Belitung terkenal dengan pantai-pantai berbatu raksasa. Dengan kombinasi lautan tenang, pasir putih dan batu-batu itu, Belitung memang menawarkan panorama yang unik.

Pemandangan batu-batu besar di pantai-pantai Belitung cukup langka anda temui di pantai kebanyakan. Sebab itu, Belitung cukup layak untuk masuk dalam daftar keindahan di Indonesia, yang layak anda nikmati, bila waktu liburan tiba.

Bila dari Jakarta, waktu tempuh dari Bandara Cengkareng menuju Bandara H.A.s Hanandjoeddin, di Tanjung Pandan hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Setelah mendarat, Tanjung Kelayang bisa menjadi tujuan awal untuk anda berpetualang di tanah yang kini berjuluk bumi "Laskar Pelangi" ini.

Ditempuh dengan bus, dari bandara di Tanjung Pandan ke Tanjung Kelayang, hanya berjarak sekitar 27 kilometer. Waktu yang dibutuhkan kira-kira sekitar 40 menit perjalanan. Di sana, anda bisa mulai menyewa perahu motor untuk melakukan perjalanan menyusuri pulau-pulau di sekitarnya.

Setidaknya ada tiga pulau yang bisa anda lihat, dua di antaranya asyik untuk disinggahi. Pulau yang pertama adalah Pulau Burung. Pulau ini bisa didekati hanya dengan sekitar lima menit berlayar.



Disebut Pulau Burung karena terdapat satu batu yang tampak seperti burung sedang bertengger di atas batu besar. Namun, saat Metrotvnews.com menyambangi pulau ini bersama rombongan Laskar Lenovo Media Camp September lalu, perahu yang kami tumpangi hanya melintas.

Pulau ini memang sangat mini, dan terlampau berbatu. Hanya sedikit area pasir yang bisa dipijak.  Tujuan berikut adalah Pulau Batu Berlayar, sekitar 15 menit perjalanan dari pantai Tanjung Kelayang. Di sini, beberapa batu berdiri. Ukurannya bila dikira-kira bisa mencapai sekitar lima meter.

Batu-batu yang tertidur juga ada beberapa. Pengunjung pulau rata-rata tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan laut dari atas batu. Hanya saja, beberapa di antaranya ditumbuhi fosil kerang yang tajam, sehingga pengunjung perlu berhati-hati agar tidak menginjak atau menendangnya.

Perjalanan island hopping, atau mengunjungi satu pulau ke pulau lain, dari Tanjung Kelayang umumnya diakhiri dengan menjejakan kaki di Pulau Lengkuas. Di pulau yang luasnya sekitar satu hektare ini terdapat penangkaran penyu, dan mercusuar zaman Belanda (1882) yang masih aktif sampai sekarang.  

Di lokasi ini wisatawan juga bisa snorkling di pinggir pulau. Sayang ketika Metrotvnews.com, berkunjung pada September lalu, Mercusuar sedang dalam perbaikan sehingga pengunjung tidak bisa naik ke puncaknya.



Total waktu perjalanan sekitar 30 menit dari Tanjung Kelayang. Untuk mencapai lokasi ini. Menurut pemandu wisata yang ditemui Metrotvnews.com, Pulau Lengkuas juga bisa ditempuh dari Tanjung Bingak dan Tanjung Tinggi, tempat syuting Laskar Pelangi. Namun waktu tempuhnya lebih lama sekitar 10-20 menit.

Di Pulau Lengkuas, anda bisa menikmati sajian kelapa muda dan sekadar jajanan seperti mie instan yang dijajakan  kedai kecil di pulau ini.

Keberadaan kedai kecil di sana cukup membantu wisatawan untuk sekadar berteduh dan menghilangkan dahaga. Maklum, di musim kemarau, suhu cukup panas.

Namun, saat kembali ke Pantai Tanjung Kelayang, dengan kondisi lapar, sajian hidangan laut di restoran pantai tentu layak anda cicipi. Biasanya rumah makan akan menyajikan soto Belitung dan gangan ikan, sup ikan khas Belitung.

Aroma gangan ikan cukup segar karena nanas juga menjadi pelengkap sajian sup ikan berkuah kuning tersebut. Setelah itu Anda bisa kembali berpetualan menjelajah keindahan alam Belitung di tempat lainnya.

Kalau memiliki rencana mengunjungi kawasan wisata ini, saran saya Anda perlu melengkapi diri dengan kacamata hitam, dan krim tabir surya, agar kesenangan pikniknya tak berkurang.


(FIT)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

1 hour Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA