Barang Impor Banjiri Pasar Indonesia, Kadin: Efek Bea Masuk Tidak Wajar

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 19 Oct 2015 17:29 WIB
barang impor
Barang Impor Banjiri Pasar Indonesia, Kadin: Efek Bea Masuk Tidak Wajar
Ketua Umum KADIN Suryo Bambang Sulisto dalam dialog capres-cawapres.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang‎ dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan tingginya bea masuk barang-barang impor yang telah ditetapkan pemerintah memicu barang impor ilegal mewabah pasar Indonesia.

"Maraknya barang impor ilegal, karena bea masuk tinggi. Kalau bea masuk wajar, tidak ada lagi yang menyelundup," Ketua‎ Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, ditemui dalam 'rapat Kerja Nasional Kadin Indonesia bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional' di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Tingginya bea masuk barang impor ke Indonesia, kata Suryo harus menjadi perhatian pemerintah.‎ Impor barang ilegal hanya bisa ditekan dengan penurunan bea masuk.

"Orang tidak mau ambil risiko menjalankan penyelundupan, jika bea masuk barang impor tidak besar. Kalau wajar mereka pasti tidak ambil risiko," ungkap dia.

Dia mencontohkan, minuman beralkohol merupakan barang yang terkena bea masuk tidak wajar. Alhasil, banyak pelaku yang menyelundupkan minuman beralkohol ke Indonesia.

"Makanya, perlu ditinjau ulang bea masuk yang tinggi, tentu tanpa merugikan industri dalam negeri (nasional)," tutup Suryo.



(SAW)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA