Udara di Yogyakarta Makin Panas

Patricia Vicka    •    Senin, 19 Oct 2015 17:42 WIB
cuaca ekstrem
Udara di Yogyakarta Makin Panas
Tugu Yogyakarta. (Antara/Noveradika)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Cuaca panas menyerang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari belakangan. Suhu udara di Kota Gudeg itu mencapai 34 derajat Celcius di siang hari. Sementara di malam hari hanya 20 derajat Celcius.

Padahal, biasanya suhu rata-rata siang hari di Yogyakarta hanya 30-31 derajat. Dan di malam hari normalnya 18 derajat Celcius.

Kepala BMKG DIY Tonny Agus Wijaya mengatakan suhu panas terjadi karena posisi matahari tegak lurus di atas pulau Jawa, termasuk DIY. "Sehingga, sinar matahari yang diterima di permukaan lebih banyak dibanding waktu lain. Ini menyebabkan kelembaban udara rendah hanya sekitar 40 persen. Makanya, cuaca jadi panas terik saat siang hari," jelas Tony kepada Metrotvnews.com, Senin (19/10/2015).

Namun, dia meminta masyarakat tak khawatir. Kondisi ini wajar terjadi saat musim pancaroba. Ia mengimbau warga Yogyakarta lebih menjaga kondisi kesehatan karena rawan sakit di saat musim pancaroba.

"Jaga kondisi tubuh, terutama yang kerja di luar ruangan. Karena di musim pancaroba yang panas ini bisa rawan sakit," imbaunya.

BMKG memprediksi musim hujan akan tiba di Yogyakarta sekitar pertengahan November hingga awal Desember. Wilayah Sleman diperkirakan menjadi yang pertama kali terguyur hujan.


(SAN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

29 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA