Belum Ada Penawaran soal Divestasi Freeport

Eko Nordiansyah    •    Senin, 19 Oct 2015 18:49 WIB
freeport
Belum Ada Penawaran soal Divestasi Freeport
Tambang Freeport di Papua. ANTARA/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sonny Loho mengatakan, belum ada penawaran terkait divestasi PT Freeport Indonesia kepada pemerintah Indonesia. Namun begitu, pihaknya akan menyiapkan anggaran untuk proses tersebut.

"Belum ada (penawaran). Kita belum terima seperti apa (mekanisme pengajuannya), tapi memang kita ingin sediakan anggarannya kalau memang bisa dibeli," kata dia di kantor Kemenkeu, Jalan Dr Wahidin, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2015).

Selain itu, DJKN juga belum menerima secara persis terkait mekanisme penawaran divestasi Freeport karena akan melibatkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Tapi prosesnya siapa yang terlibat, ada juga melibatkan ESDM. Mungkin di BKF juga sudah liat persisnya seperti apa. Tapi berapa yang bisa dibeli berapa kalau DJKN sendiri belum terima," terang Sonny.

Sementara jika pemerintah daerah Papua juga ingin ambil bagian dalam proses divestasi Freeport, maka pemerintah pusat akan menghitungnya. Akan tetapi divestasi tetap menjadi prioritas pemerintah pusat.

"Nanti kalau daerah juga mau enggak apa-apa, yang mau dilepas berapa yang mau dibeli berapa. Mau share atau mau dibeli pusat semua. Untuk ini prioritasnya masih dari pemerintah pusat," tandasnya.



(SAW)