Ini Tiga Lembaga paling korup

- 16 September 2013 21:08 wib
ANTARA/Fanny Octavianus/zn
ANTARA/Fanny Octavianus/zn

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga lembaga negara milik Indonesia, yaitu Polri (kepolisian), parlemen (DPR/DPRD), dan pengadilan (kejaksaan) menjadi lembaga paling korup di regional ASEAN berdasarkan data Global Corruption Barometer (GCB) tahun 2013.

Data yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperlihatkan, Indonesia menjadi negara terkorup dengan indikasi 3 besar yang diraih oleh ketiga lembaga ini.

Sementara negara lain seperti Kamboja, hanya lembaga peradilan yang memiliki angka korupsi tinggi. Malaysia, Filipina, dan Vietnam, lembaga terkorup terdapat pada sektor polisi. Sedangkan Thailand, lembaga terkorup adalah partai politik dan polisi.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, di Gedung KPU, Jakarta, Senin (16/9), mengatakan, berdasarkan Political & Economic Risk Consultancy (PERC), menempatkan Indonesia di peringkat pertama sebagai negara terkorup dari 16 negara di Asia Pasifik yang menjadi tujuan investasi.

Bahkan Doing Business (pengukuran kemudahan berusaha), tahun 2011, Indonesia berada pada peringkat 128 dare 183 negara. (Yose Hendra)

()

ANT/M Agung Rajasa

DPW masih Tunggu Jawaban DPP PPP

17 April 2014 22:50 wib

SURAT yang ditujukan bagi Suryadharma tidak sedikitpun mengindikasikan gerakan makar.