HT: Korupsi Tindakan Individu, Jangan Libatkan Partai

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Oct 2015 21:56 WIB
kasus korupsi
HT: Korupsi Tindakan Individu, Jangan Libatkan Partai
Chief Executive Officer MNC Group, Hary Tanoesoedibjo di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2015) - MTVN/Husen Miftahudin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, kasus pengamanan penanganan perkara bantuan sosial (bansos) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kejaksaan Tinggi Sumut yang menyeret Patrice Rio Capella (PRC) merupakan kasus individu. Menurut dia, kasus tersebut merupakan kasus pidana di mana orang yang melakukan tindakan korupsi lah yang harus bertanggung jawab dan tak melibatkan partai.

"Kita harus bisa pisahkan tindakan pidana dengan perdata. Kalau pidana itu tindakan perorangan. Yang terkait di Partai NasDem, kalau yang melakukan tindakan korupsi, yang bertanggung jawab ya orangnya," ujar Hary ditemui di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/10/2015).

Meski tindakan korupsi tersebut menyeret orang penting dalam partai pendukung pemerintah, namun ia yakin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mampu menegakkan hukum sebagaimana mestinya. "Hukum harus ditegakkan agar korupsi bisa diberantas," tutur pria yang akrab disapa HT tersebut.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta agar KPK tetap objektif dalam menangani kasus tersebut. JK berharap agar PRC dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Harapan kita beliau dapat menjelaskan atau dapat tentu mempertanggungjawabkan. Ya kita tunggu saja prosesnya. Proses hukum saja," pungkas JK.

Sebelumnya, KPK menetapkan PRC sebagai tersangka karena mantan Sekjen Partai NasDem ini diduga menerima janji, hadiah atau gratifikasi dari tersangka Gatot Pudjo Nugroho (GPN) dan Evy Susanti (ES). Rio dijerat dengan Pasal 12 huruf a dan b atau Pasal 11 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi.


(REN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA