Piala Presiden 2015

BOPI Nilai Promotor Kurang Konsisten Terapkan Regulasi

Rendy Renuki H    •    Selasa, 20 Oct 2015 05:35 WIB
piala presiden 2015
BOPI Nilai Promotor Kurang Konsisten Terapkan Regulasi
Piala Presiden 2015 (Foto: istimewa/google)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menilai pihak promotor Piala Presiden 2015, Mahaka Sports Entertainment kurang konsisten menerapkan regulasi meski pelaksanaan turnamen terbilang sukses.

Sebelum turnamen digelar, promotor telah menetapkan regulasi atau acuan yang harus dijalankan oleh klub maupun penyelenggara. Hal itu di seperti diterangkan Sekjen BOPI Heru Nugroho, Senin 19 Oktober lalu di Jakarta.

Namun, regulasi yang ada tidak semuanya dijalankan, bahkan ada perubahan di tengah turnamen dengan hadiah utama Rp3 miliar itu berjalan.

"Contohnya pemakaian sistem undian dalam penentuan peserta pada babak perempat final. Sebelumnya, model silang, tim dari grup A akan bertemu grup B dan grup C bertemu grup D. Tapi semuanya berubah. Begitu juga dengan penambahan pemain selepas tengat waktu," terang Heru.

Menurutnya, sebelum menggelar sebuah turnamen, pihak promotor harus benar-benar matang menyiapkan regulasi sehingga di tengah jalan tak ada perubahan. BOPI melihat konsistensi dalam menjalankan regulasi merupakan hal yang paling penting.

"Jika dinilai antara 1 hingga 10, kami memberikan nilai 7,5. Saya kira nilai itu cukup tepat," sambung Heru.

Meski tak mendapat nilai maksimal, Mahaka selaku promotor turnamen Piala Presiden 2015 patut berbangga diri. Sebab, penilaian BOPI kepada mereka lebih tinggi dibandingkan yang diterima oleh promotor Piala Kemerdekaan yang hanya mendapatkan poin 6,5. (Ant) 


(REN)