ISIS Serukan Warga Palestina untuk Terus Serang Israel

Willy Haryono    •    Selasa, 20 Oct 2015 06:11 WIB
isis
ISIS Serukan Warga Palestina untuk Terus Serang Israel
Warga Palestina bentrok dengan polisi Israel di Hawara, area dekat Kota Nablus di Tepi Barat, 12 Oktober 2015. (Foto: AFP / JAAFAR ASHTIYEH)

Metrotvnews.com, Beirut: Propaganda tak biasa di media sosial diluncurkan kelompok militan Islamic State (ISIS). Jika biasanya ISIS mendorong simpatisannya untuk menyerang Amerika Serikat, kali ini sasarannya adalah Israel. 

Dalam sebuah video yang diunggah ke internet, Senin (19/10/2015), ISIS menyerukan warga Palestina untuk melancarkan lebih banyak serangan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan pisau, kendaraan, racun atau bahan peledak. 

Sejak dua hari terakhir, ISIS merilis enam video yang memperlihatkan pidato militan dengan serangkaian gambar peristiwa penusukan di Yerusalem dan Tepi Barat. Turut dihadirkan pula beberapa artikel terkait bentrok berdarah antar warga Palestina dengan polisi Israel. 

Seperti dikutip Associated Press, serangkaian video ini muncul bertepatan dengan gelombang kekerasan Palestina dan Israel, yang diawali dengan beberapa kasus penusukan. 

Video ISIS terbaru berjudul "Berikan kembali teror kepada Yahudi" memperlihatkan seorang militan bertopeng yang memuji warga Palestina yang menyerang Israel. Penyerang ini disebut ISIS sebagai "pejuang yang menebar teror kepada anak-anak Zionis."

ISIS kerap melancarkan propaganda berbahaya via video di media sosial. Meski sering menyebut Yahudi dan Kristen sebagai kafir yang harus dimusnahkan, ISIS jarang menyinggung soal Israel. 

Grup ekstremis ini tidak ada di Tepi Barat atau Jalur Gaza. Namun sejumlah warga Palestina di Gaza diduga terinspirasi ISIS, karena mereka menilai grup militan Hamas terlalu lembek dalam menghadapi Israel.


(WIL)