Ketersediaan Pangan di Sulteng Aman

   •    Selasa, 20 Oct 2015 11:56 WIB
pangan
Ketersediaan Pangan di Sulteng Aman
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Palu: Ketersediaan berbagai jenis bahan pangan di Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga kini dijamin aman, meskipun kemarau panjang terjadi dalam beberapa bulan terakhir telah menyebabkan gagal panen di sejumlah wilayah.

"Ketahanan pangan Sulteng masih aman," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulteng Abdullah Kawulusan, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Selasa (20/10/2015).

Ia menjelaskan, meskipun kemarau panjang telah mengakibatkan pasokan air ke sawah berkurang karena debit air irigasi turun, namun petani tetap menanam padi sesuai jadwal tanam. Kecuali di Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi, petani setempat tidak bisa tanam padi karena irigasi Gumbasa sedang diperbaiki selama dua bulan ke depan.

Karena itu, dia mengingatkan, agar lahan sawah tetap berproduksi, petani sebaiknya menanam komoditas lain yang tidak memerlukan banyak air. Sulteng tidak akan kekurangan pangan karena seluruh daerah di provinsi ini, kondisi tanah dan iklimnya sangat mendukung pengembangan berbagai jenis komoditas pangan.

Sulteng, masih kata dia, setiap tahun surplus beras sekitar 200 ribu ton. Masyarakat Sulteng selama ini tidak hanya mengkonsumsi beras, tetapi juga norberas, seperti jagung, pisang, talas, ubi kayu, ubi jalar dan sagu.

Bulog Sulteng juga masih menguasai stok di gudang dalam jumlah memadai, sehingga bila terjadi gejolak harga di pasaran, pemerintah bisa meminta Bulog untuk melakukan intervensi pasar dengan menggelar Operasi Pasar (OP). 

"Bulog selalu siap untuk melaksanakan OP, jika dibutuhkan," pungkas Abdullah.


(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA