Kegagalan Diversifikasi Penyebab Perlambatan Ekonomi RI

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 20 Oct 2015 11:58 WIB
pertumbuhan ekonomi
Kegagalan Diversifikasi Penyebab Perlambatan Ekonomi RI
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Guru Besar Cornell University, Iwan Jaya Azis mengatakan, kondisi perlambatan ekonomi nasional sekarang ini sudah dirasakan sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya, fluktuasi harga komoditas menjadi menyebab terjadinya perlambatan ekonomi.

"Fluktuasi ekonomi Indonesia mengikuti harga komoditas, boom di 2003 hingga 2008, lalu menukik tajam ke bawah setelah 2011 bersamaan dengan perlambatan ekonomi Tiongkok," kata dia di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Dirinya menambahkan, akibat tidak menentunya harga komoditas, ekspor sektor primer lebih meningkat sementara ekspor manufaktur semakin menurun. Di samping itu, ketergantungan impor justru tetap tinggi.

"Akibatnya, terjadi ketidakwajaran pola pengembangan di mana kontribusi sektor primer dalam ekspor membesar dan manufaktur mengecil, termasuk kontribusinya dalam PDB. Ini menandai kegagalan diversifikasi sehingga ketergantungan pada impor tetap tinggi," terang dia.

Meskipun sempat 'berpesta' dengan pertumbuhan ekonomi tinggi, menurut Iwan neraca berjalan menjadi defisit, pengunaan sumber alam berlebihan, unsustainable, dan tidak efisien. Daya saing juga cenderung turun.

"Pesta sebelum 2011 yang bergantung pada pertumbuhan Tiongkok menimbulkan premature deindustralization, unsustainable, dan memperkuat ketergantungan pada impor," pungkas dia.


(AHL)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA