Fuad Amin Divonis Penjara, Pendukung di Bangkalan Diminta tak Protes

Agus Josiandi    •    Selasa, 20 Oct 2015 12:38 WIB
fuad amin imron
Fuad Amin Divonis Penjara, Pendukung di Bangkalan Diminta tak Protes
Fuad Amin dalam sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, 19 Oktober, MI - Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Bangkalan: Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan vonis delapan tahun penjara terhadap mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron. Warga di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pun diminta menjaga situasi di kabupaten tersebut pascapembacaan vonis.

"Putusan delapan tahun itu ketentuan dari pengadilan. Jika memang salah satu pihak tidak menerima, dapat menempuh jalur hukum lanjutan," pinta Wakil Bupati Bangkalan Mondir Rafii yang juga sepupu Fuad Amin itu di Bangkalan, Selasa (19/10/2015).

Mondir berharap putusan itu tak memicu aksi protes terhadap pihak yang loyal terhadap politikus asal Bangkalan tersebut. Sementara pihak keluarga, kata Mondir, menyerahkan sepenuhnya kasus korupsi yang menjerat Fuad kepada hukum.

"Dari awal proses hukum sangat terbuka, apapun yang telah diputuskan harus bisa diterima dengan lapang dada," terang Mondir.

Mondir berharap situasi di Bangkalan tetap aman dan terkendali. Sikap itu, jelas Mondir, merupakan cermin masyarakat Bangkalan taat pada hukum.

Kemarin, Majelis Hakim menjatuhkan vonis delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurangan. Majelis hakim menilai Ketua nonaktif DPRD Bangkalan itu terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. Fuad pun dinilai melakukan tindak pidana pencucian uang.

Dalam menjatuhkan vonis ini, Majelis mempertimbangkan hal yang meringankan dan memberatkan. Untuk yang memberatkan, terdakwa dugaan suap jual beli gas alam di Bangkalan itu dinilai tidak mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Untuk yang meringankan, Majelis menyatakan ayah dari Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad itu belum pernah dihukum. Fuad pun masih memiliki tanggungan, berlaku sopan selama persidangan, sudah berumur, dan sakit-sakitan.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum. Sebelumnya, jaksa menuntut Fuad selama 15 tahun penjara dan denda Rp3 miliar subsider 11 bulan kurungan.


(RRN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

28 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA