Jelang Arsenal vs Bayern Muenchen

Preview: Kejelian Arsenal Redam Poros Serangan Bayern Muenchen

Hilman Haris    •    Selasa, 20 Oct 2015 12:58 WIB
liga champions
Preview: Kejelian Arsenal Redam Poros Serangan Bayern Muenchen
Arsenal sudah sering bertemu Bayern di kancah Liga Champions dalam beberapa musim terakhir (ODD ANDERSEN / AFP)

Metrotvnews.com, London: Posisi Arsenal di Liga Champions 2015--2016 berada di ujung tanduk. The Gunners terancam gagal lolos ke babak knock-out lantaran sudah menelan dua kekalahan dari dua laga awal.

The Gunners harus segera meraih kemenangan andai tak mau terlempar lebih cepat dari Liga Champions musim ini. Apesnya, target itu tidak mudah diraih lantaran The Gunners harus melawan raksasa Jerman, Bayern Muenchen pada matchday 3, Rabu 21 Oktober.

Bukan tanpa alasan Arsenal diprediksi bakal kesulitan melawan Bayern. Faktanya, Bayern memang sangat on fire pada musim ini.  Dari lima pertandingan terakhir, skuat Die Roten sukses mengakhiri semua laga dengan kemenangan dan total mencetak 19 gol dan hanya kebobolan tiga kali.  

Ketidakberpihakan sejarah semakin menipiskan kans Arsenal meraih kemenangan atas Bayern. Musim lalu, Arsenal gagal mengalahkan Bayern dari dua kali kesempatan. Pertemuan pertama yang dimainkan di Stadion Emirates berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Bayern. Sedangkan pada leg kedua The Gunners hanya bisa meraih hasil seri 1-1.

Arsenal sebetulnya bukan satu-satunya klub Inggris yang kerap dibuat repot Bayern. Sepanjang sejarah, Bayern sudah 19 kali meraih kemenangan atas tim-tim Inggris. Bahkan klub terbaik Inggris pada era Liga Primer, Manchester United, sudah empat kali kalah dan hanya bisa menang dua kali atas Bayern.

Bahaya Lini Tengah

Manajer Arsenal, Arsene Wenger sesumbar bisa mengakhiri tren buruk atas Bayern. Ia menilai Arsenal sanggup meraih kemenangan andai mampu meredam ketajaman Die Roten, Robert Lewandowski.

"Cara terbaik untuk menghentikannya adalah dengan menguasai pertandingan. Setelah itu, para pemain harus menempel Lewandowski dengan ketat. Ia harus dijaga karena memiliki teknik dan pergerakan yang bagus," beber Wenger.

Akan tetapi, Wenger salah besar andai meminta skuat asuhannya fokus menjaga Lewandowski. Striker asal Polandia itu memang topskorer Bayern dengan koleksi 15 gol pada musim ini. Namun jika bukan karena kerja keras para gelandang Bayern, tak mungkin Lewandowski bisa mencetak gol sebanyak itu.

Douglas Costa, Mario Goetze, dan Kingsley Coman merupakan andalan Pep Guardiola untuk menggedor pertahanan lawan pada musim ini. Kepercayaan yang diberikan Guardiola tak disia-siakan ketiganya. Total, Goetze, Coman, dan Costa sudah menghasilkan 12 assist untuk Die Roten di Bundesliga 1 dan Liga Champions musim ini.

Wenger bukan tanpa solusi meski Goetze-Coman-Costa serta Lewandowski sedang dalam performa apik. Statistik menunjukkan bahwa kehebatan keempat pemain itu biasanya muncul pada awal babak pertama dan babak kedua. 

Menurut statistik dari Soccerway, Goetze-Coman-Costa-Lewandowski kerap menjebol gawang lawan ketika laga memasuki menit ke-15 dan serta setelah babak kedua berjalan lima menit. Jika mampu bertahan dari serangan Bayern pada momen-momen itu, rasanya Arsenal bisa menang dan tersenyum pada akhir laga.


5 Pertemuan Terakhir
12/03/2014    Bayern 1-1 Arsenal    Liga Champions
20/02/2014    Arsenal 0-2 Bayern    Liga Champions
14/03/2013    Bayern 0-2 Arsenal    Liga Champions
20/02/2013    Arsenal 1-3 Bayern    Liga Champions
09/03/2005    Arsenal 1-0 Bayern    Liga Champions

Arsenal vs Bayern
Arsenal menang: 2
Seri: 2
Bayern menang: 4

Pencetak gol dan assist Bayern di Liga Champions musim ini
Gol
3 - Lewandowski
2 - Goetze, Thomas Mueller
1 - Douglas Costa

Assist
3 - Thiago Alcantara
2 - Coman
1 - Arturo Vidal, Douglas Costa

Pencetak gol dan assist Arsenal di Liga Champions musim ini
2 - Theo Walcott
1 - Alexis Sanchez

Assist
2 - Alexis Sanchez
1 - Theo Walcott


(HIL)