Putusan Soal Novanto-Fadli Dinilai Membunuh Kehormatan DPR

Astri Novaria    •    Selasa, 20 Oct 2015 13:32 WIB
donald trump
Putusan Soal Novanto-Fadli Dinilai Membunuh Kehormatan DPR
Fadli Zon dan Setya Novanto----Ant/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Adian Napitupulu, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, menyesalkan putusan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang hanya memberi teguran ringan buat Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Putusan itu dinilai membunuh kehormatan DPR.

"Sanksi MKD menunjukkan kalau kasus pertemuan Novanto dan Fadli dengan capres Amerika Serikat setara dengan kasus anggota DPR Krisna Mukti yang tidak memberikan uang kepada istrinya. Keputusan itu mempertaruhkan nama institusi negara. Keputusan MKD dalam kasus Pimpinan DPR justru membunuh kehormatan DPR," kata Adian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Adian menilai, putusan MKD tidak adil. Menurutnya, kasus dua pimpinan DPR itu bukan sekadar tanggung jawab suami kepada istri, lebih dari itu adalah tanggung jawab Pimpinan DPR kepada rakyat dan negara. Ia juga berpendapat ketidakhadiran Pimpinan DPR sebanyak tiga kali merupakan sebuah pelanggaran etik.

"Ya, tidak adil. Kehadiran Pimpinan DPR di kampanye Donald Trump sama artinya dengan membawa 560 anggota DPR hadir pada acara itu. Dan ketika 560 anggota DPR hadir, berarti 250 juta rakyat ikut hadir. Bisa dikatakan juga mereka memiliki loyalitas ganda, yaitu loyalitas pada NKRI dan pada Amerika Serikat. Loyalitas ganda bukan saja pelanggaran kode etik tetapi juga pelanggaran sumpah jabatan," pungkasnya.

Kemarin, MKD memberi sanksi teguran terhadap Setya dan Fadli. Keduanya dihukum ringan meski hadir dalam kampanye bakal calon presiden AS Donald Trump. Sanksi sama dengan sanksi terhadap Krisna Mukti yang dianggap melanggar kode etik ringan. Krisna diadukan ke MKD oleh mantan istrinya, Devi Nurmayanti karena merasa telah menelantarkan dan tidak pernah memberikan nafkah keluarganya.

 


(TII)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

42 minutes Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA