Menteri PPN: Pemerintah Sudah Sekuat Tenaga Bekerja

   •    Selasa, 20 Oct 2015 14:54 WIB
1 tahun jokowi-jk
Menteri PPN: Pemerintah Sudah Sekuat Tenaga Bekerja
Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengklaim pemerintah sudah sekuat tenaga bekerja dalam setahun terakhir dengan hasil yang cukup memuaskan.

"Sejauh ini jika kita lihat survei yang dilakukan, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan untuk satu tahun cukup bagus, meski ada faktor ekonomi dunia," kata Sofyan, seperti dikutip dari Antara, usai peluncuran Indeks Pembangunan Desa 2014, di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Menurut Sofyan, upaya yang dilakukan Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memimpin Kabinet Kerja dalam setahun terakhir sudah melakukan banyak hal di antaranya reformasi birokrasi dan perizinan usaha.

"Banyak hal yang telah dilakukan pemerintah, seperti reformasi birokrasi, perizinan yang awalnya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sekarang sudah bisa tiga jam," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah mempermudah izin invetasi di sektor kelistrikan dan juga telah menertibkan 70.000 kapal ilegal yang membuat nelayan tradisional bisa melaut dan memungkinkan mengembalikan daya belinya kembali.

"Praktis laut kita hari ini bersih dari kapal ilegal, jaring-jaring tradisional pun mulai bertebaran kembali dan nelayan kembali bisa tangkap ikan," ucap mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Lebih lanjut, dia menambahkan Bappenas yang dipimpinnya akan terus melakukan perbaikan kinerja untuk membantu pembangunan Indonesia. "Mungkin tidak akan terlalu terlihat kerja kita, Bappenas kan bukan sebagai lembaga yang bikin proyek, tapi kita terus perbaiki kebijakan," pungkasnya.


(ABD)