Menteri Marwan Ingin Kembangkan Peternakan Modern di Perdesaan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 20 Oct 2015 15:21 WIB
peternakan
Menteri Marwan Ingin Kembangkan Peternakan Modern di Perdesaan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Ja'far mengatakan pemerintah ingin mengembangkan sistem peternakan modern di perdesaan. Menurutnya, dengan memakai sistem lebih modern akan bisa meningkatkan kualitas hasil peternakan.

"Kami ingin mengembangkan peternakan modern berbasis desa. Bukan berarti sistem tradisional itu jelek," kata Marwan usai jadi pembicara International Seminar on Tropical Animal Production bertema 'Peran Peternakan dalam Meningkatkan Kemakmuran di Daerah Perdesaan' di Auditorium Fakultas Peternakan UGM, Selasa (20/10/2015).

Marwan berujar, mayoritas masyarakat desa masih mengembangkan sistem peternakan berpola tradisional. Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas peternakan, perlu upaya sistemik agar bisa mengubah menjadi teknologi modern.

Dengan begitu, kata dia, "peningkatan kesejahteraan masyarakat dari desa bisa dicapai melalui peternakan terintegrasi dan pertanian terpadu."

Ia menambahkan, pengembangan sistem perlu dibarengi manajemen secara terprogram. Dengan begitu, pengolahan hasil pangan bisa berkualitas dan berdaya jual tinggi.

"Teknisnya bisa bekerja sama kementerian, perguruan tinggi, dan negara sahabat," ucapnya.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Ali Agus menyampaikan pihaknya sedang menawarkan sistem pertanian terpadu yang di dalamnya juga mengakomodasi peternakan. UGM, lanjutnya, bersama beberapa universitas telah melaksanakan proyek percontohan pertanian terpadu di 15 kabupaten di Indonesia.

"Kami menempatkan dua ahli di masing-masing wilayah, dari Aceh sampai Papua yang tugasnya memberikan pendampingan pada masyarakat untuk melaksanakan sistem pertanian terpadu," kata dia.


(SAN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA