Mentan Tegaskan Stok Beras Aman sampai Akhir Tahun

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 20 Oct 2015 15:29 WIB
beraskementan ads
Mentan Tegaskan Stok Beras Aman sampai Akhir Tahun
Amran Sulaiman saat memanen padi varietas Ciherang di Desa Gardu Mukti Kecamatan Tampak Dahan Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar). MTVN/Gervin Nathanael Purba

Metrotvnews.com, Subang: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman merasa yakin stok beras akan cukup hingga akhir Desember 2015. Hal ini diungkapkannya lantaran masih ada di beberapa wilayah lain yang berpotensi untuk panen padi.

Hal ini diungkapkan Amran Sulaiman saat memanen padi varietas Ciherang di Desa Gardu Mukti Kecamatan Tampak Dahan Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar). Kegiatan tersebut dilakukan setelah menggelar acara 'Gelar Teknologi Pertanian Modern, Modernisasi Pertanian untuk Swasembada Pangan.'

"Kita masih miliki potensi panen di wilayah lain. Stok kita aman sampai Desember nanti, stok di Badan Urusan Logistik (Bulog) saat ini mencapai 1,6 juta ton," ujar Amran Sulaiman, saat ditemui di Desa Gardu Mukti, Kabupaten Subang, Selasa (20/10/2015).

Di sisi lain, pihaknya berencana akan menambah alsintan kurang lebih sebanyak 80 ribu hingga 100 ribu unit pada 2016. Dia menjelaskan kenaikan alsintan dapat menurukan biaya produksi sekitar 30 hingga 40 persen.

"Otomatis pendapatan petani bertambah, lose hanya dua persen dari 10 persen, jadi yang selamat delapan persen, kalau delapan persen gabah kali produksi nasional brrarti ada lima juta gabah yang bisa kita selamatkan, kalau kita uangkan kurang lebih bisa Rp20 triliun," pungkasnya.


(SAW)