Banyak Laporan Masyarakat Lewat Qlue Hanya Iseng

Damar Iradat    •    Selasa, 20 Oct 2015 17:03 WIB
pemprov dki
Banyak Laporan Masyarakat Lewat Qlue Hanya Iseng
Aplikasi Qlue.

Metrotvnews.com, Jakarta: Inovasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memantau laporan masyarakat lewat aplikasi Qlue belum sepenuhnya berhasil. Banyak masyarakat hanya iseng melaporkan kejadian di sekitarnya.
 
Di Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara, laporan masyarakat masih banyak yang main-main. Kelurahan tetap harus menindaklanjuti laporan yang dikirim warga lewat Qlue.
 
"Di sini (Pademangan Timur), masyarakat kadang membabi buta. Mereka (membuat laporan lewat Qlue) enggak tahu fungsinya siapa, ranahnya siapa yang tangani," kata Lurah Pademangan Timur, Agus Fachruddin kepada Metrotvnews.com, Selasa (20/10/2015).
 
Namun, menurut Agus, jika laporan warga terkait kebersihan, saluran air yang tersumbat, dan sampah-sampah langsung langsung ditangani. "Ini memang pekerjaan kami," ujarnya.
 
Ia menegaskan, banyak laporan yang masuk tidak bisa diselesaikan oleh kelurahan. Seperti laporan jalan berlubang dan parkir liar. Harus melalui koordinasi instansi terkait.
 
"Kalau jalan rusak itu bukan wewenang kami. Itu wewenang Dinas Pekerjaan Umum, jadi tidak bisa langsung kami kerjakan. Paling hanya nambal-nambal sedikit," ujarnya.
 
Kelurahan hanya melakukan sebisanya dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Instansi tersebut yang menyelesaikan masalah.
 
"Kalau dapat laporan jalan berlubang, kami surati Dinas PU. Nanti mereka yang proses, memang agak lama," kata Agus.
 
Pemprov DKI meluncurkan aplikasi Qlue Smart City Desember 2014 dengan anggaran Rp3,5 miliar. Birokrat bisa memantau dan langsung menindaklanjuti keluhan masyarakat. Aplikasi ini menjadi penilaian kinerja lurah dan camat dalam menindaklanjuti keluhan warga.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, semua ketua RT dan RW wajib melaporkan kondisi lingkungannya. Ia memberikan pulsa kepada Ketua RT agar dapat melaporkan kondisi lewat aplikasi Qlue.


(FZN)