Satu Tahun Jokowi - JK

Sorot Kinerja Ekonomi, Surya Paloh Beri Nilai 6,5 Pada Pemerintahan Jokowi-JK

Husen Miftahudin    •    Selasa, 20 Oct 2015 17:32 WIB
1 tahun jokowi-jk
Sorot Kinerja Ekonomi, Surya Paloh Beri Nilai 6,5 Pada Pemerintahan Jokowi-JK
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Antara/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengakui, kinerja Pemerintahan Jokowi-JK dalam satu tahun ini belum menciptakan harapan masyarakat yang sebenarnya. Bahkan jika dinilai dengan angka, Surya memberi nilai 6,5 pada kinerja satu tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

"Memang saya harus akui, (Pemerintahan Jokowi-JK) belum mencapai angka yang hebat. Dari angka satu sampai sepuluh, belum mencapai delapan, bahkan tujuh pun belum. Ya sekitar 6,5 lah nilainya," ujar Surya ditemui di kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI), Jalan Matraman Raya No 32B, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Kinerja ekonomi menjadi catatan Surya Paloh dalam menilai kinerja pemerintahan Jokowi-JK dalam setahun. Meski begitu, pemerintah tak dapat disalahkan sepenuhnya karena guncangan stabilitas ekonomi nasional lebih disebabkan oleh faktor eksternal.

"Nah ketika sekarang ada gonjang-ganjing, ada currency yang turbulence di mana rupiah yang merosot. Ini bukan hanya pengaruh dari domestik, tapi juga pengaruh dari global yang ikut mempengaruhi juga. Bagaimana ekspor menurun yang akhirnya pertumbuhan ekonomi kita tidak seperti apa yang kita harapkan," papar dia.

Partai NasDem, lanjut Surya, akan terus mendukung kebijakan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dukungan tersebut berupa saran dan pandangan terhadap kebijakan pemerintah.

"Pemerintahan Jokowi-JK memang baru satu tahun, tapi ekpektasi masyarakat begitu tinggi. Kita harus berikan kesempatan pada pemerintahan ini untuk bisa meningkatkan output kinerja yang dihasilkan lebih baik setelah satu tahun pemerintahan," tuturnya.

Dia mengatakan semangat transparansi menjadi pedoman bagi pemerintahan Jokowi-JK. Dia bahkan melihat ada semangat perubahan dari pemerintahan Jokowi-JK yang bersikap lebih cair dan terbuka. 

"Saya harus nyatakan bahwa ada semangat di sana, ada sikap yang tidak terlalu birokrasi. Kesan protokoler yang ada pada diri presiden sebelum Jokowi menjadi modal dasar karena ada transparansi dan keterbukaan. Itu menjadi harapan karena saya pikir ada niat baik agar pemerintahan Jokowi ke depan harus lebih bagus," pungkas Surya.






(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA