Anggapan yang Salah Tentang Konsumsi Mie Instan

   •    Selasa, 20 Oct 2015 18:41 WIB
kesehatan
Anggapan yang Salah Tentang Konsumsi Mie Instan
Mie instan. (Foto:food.ndtv.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak kontroversi ataupun mitos mengonsumsi mie instan yang berkembang di tengah masyarakat. Namun, menurut ahli gizi Prof. Dr. Hardinsyah, mitos tentang mie instan yang merebak di masyarakat banyak yang salah.

"Selagi ada ijin BPOM dan tidak melebihi batas kadaluwarsa mie instan itu aman dikonsumsi," ujarnya.

Menurut Prof. Hardinsyah, kesalahan bukan terletak pada mie tapi juga bagaimana cara pengolahan, penyajian hingga menyantap mie itu sendiri.

Selain itu, air rebusan mie sering dianggap mengandung luruhan bahan pengawet sehingga banyak orang untuk membuang air rebusan pertama. Tetapi, Prof. Hardinsyah punya pandangan yang berbeda.

Ia menjelaskan bahwa tepung terigu di Indonesia yang dijadikan bahan baku mie sudah diperkaya dengan asam folat, dan bila terkena panas pasti akan larut di dalam air.

"Ya kalau airnya dibuang, sama saja kamu menghilangkan vitaminnya," tutur guru besar Institut Pertanian Bogor ini.

Tidak hanya itu saja, ada isu yang begitu populer jika makan mie bisa menyebabkan usus mengembang. "Coba cek saja, kalau habis makan lemas atau tidak, kalau tidak artinya mie sudah diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan gula dan energi buat kita dan tidak menetap di usus," lanjutnya. (Sumarni)


(LOV)