Pemilihan Presiden FIFA Tetap 26 Februari

Alfa Mandalika    •    Rabu, 21 Oct 2015 00:43 WIB
liga dunia
Pemilihan Presiden FIFA Tetap 26 Februari
Kantor FIFA. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Metrotvnews.com, Zurich: Pemilihan Presiden FIFA cukup menjadi sorotan pemberitaan media dunia. Maklum, otoritas tertinggi sepak bola dunia itu kerap dilanda skandal suap dan korupsi.

Pemberitaan FIFA belakangan ini juga memanas lantaran dijatuhkannya sanksi skorsing kepada Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini. FIFA memutuskan melarang Platini beraktivitas selama 90 hari di dunia sepak bola sampai penyelidikan skandal suap selesai.

Sementara itu, Komite Eksekutif FIFA menegaskan pemilihan Presiden FIFA tetap digelar pada 26 Februari. Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa pemilihan Presiden FIFA bakal diundur lantaran calon potensial (Platini) terkena kasus.

Merujuk regulasi yang ada, calon kandidat Presiden FIFA harus mendaftar pada 26 Oktober dan menjalani uji integritas pada 10 hari berikutnya. Melihat kasus yang membelenggu Platini, rasa-rasanya kesempatan Platini tetap maju semakin tipis.

Platini masih bisa bersaing andai ia menang dalam pengajuan banding ke Komite Banding FIFA. Namun, jika tidak berhasil, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), akan memprosesnya lagi.

Platini, yang menjadi Presiden UEFA sejak 2007 menjadi calon favorit menggantikan Blatter jika hukumannya sudah dicabut. Beberapa calon yang ikut meramaikan pemilihan Presiden FIFA ialah Pangeran Yordania Ali Bin Al Hussein dan mantan gelandang Trinidad dan Tobago David Nakhid. (Reuters)


(ACF)