BATE Borisov vs Barcelona

Dua Gol Rakitic Antar Barca Runtuhkan Tembok BATE

Achmad Firdaus    •    Rabu, 21 Oct 2015 03:58 WIB
liga champions
Dua Gol Rakitic Antar Barca Runtuhkan Tembok BATE
Ivan Rakitic (dua dari kiri) mendapat sambutan dari rekan-rekannya usai membawa Barca menang 0-2 atas BATE Borisov (Foto: MAXIM MALINOVSKY / AFP)

Metrotvnews.com, Borisov: Barcelona akhirnya sukses meruntuhkan tembok tebal BATE Borisov pada matchday 3 Liga Champions, Rabu 21 Oktober dini hari WIB. Dua gol Ivan Rakitic yang masuk dari bangku cadangan membawa Barca menang 0-2.

Mengantisipasi absennya Lionel Messi, pelatih Luis Enrique memainkan striker muda, Munir El Haddadi untuk menemani Luis Suarez dan Neymar Jr di lini depan.

Meski tampil di kandang lawan, Barca yang unggul segala-galanya dari BATE mampu mendominasi penuh jalannya laga. Sementara itu, suporter BATE yang memadati Borisov Arena harus menerima fakta tim kesayangannya hanya bisa merapatkan barisan di setengah lapangan.

Menit ketiga laga berjalan, Barca punya peluang membuka kran gol. Sayangnya, tendangan Jordi Alba yang melakukan overlap masih tepat ke arah kiper BATE, Sergey Chernik.

Selanjutnya, Barca terus menekan. Namun, sejauh ini barisan belakang BATE yang diisi tujuh hingga delapan pemain, plus aksi ciamik dari Chernik mampu menggagalkan setiap peluang Blaugrana.

Pergantian cepat pun langsung diambil Luis Enrique dengan menarik keluar Sergi Roberto dan memasukkan Ivan Rakitic pada menit ke-18. Hadirnya Rakitic sebagai jenderal lapangan tengah semakin membuat Barca tampil dominan.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan para pemain Barca sepanjang babak pertama. Sayang, hingga turun minum, mereka belum mampu membongkar strategi parkir bus BATE. Skor masih kacamata alias 0-0 di babak pertama.

Di awal babak kedua, Barca sukses memanfaatkan kelengahan para pemain BATE yang nampaknya belum fokus. Berawal dari sepak pojok, Neymar sukses memberikan bola kepada Rakitic yang kemudian dengan jeli menceploskan bola ke gawang. Barca akhirnya unggul 0-1 di menit ke-48.

Gol tersebut rupanya cukup merusak konsentrasi para pemain BATE. Barca kini punya lebih banyak ruang untuk dieksploitasi. Gol kedua pun lahir pada menit ke-64. Rakitic kembali mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan matang dari Neymar.

Tertinggal dua gol, BATE akhirnya mulai berani keluar menyerang. Mereka nampaknya tidak lagi berpikir takut kalah dan akhirnya mampu tampil lebih lepas. Meski demikian, mereka masih kesulitan menembus pertahanan Barca.

Tercatat, hanya ada satu peluang bagus yang berhasil mereka ciptakan di babak kedua, yakni pada menit ke-78. Penyerang, Nikolay Signevich sukses melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti, namun bolanya masih lemah sehingga mudah diamankan Marc Andre Ter Stegen. Skor 0-2 untuk keunggulan Barca bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Barca sukses mengamankan posisi mereka di puncak klasemen sementara Grup E dengan 7 poin, diikuti Bayer Leverkusen (7) yang pada saat bersamaan bermain imbang 4-4 dengan AS Roma (2 poin). Adapun, BATE duduk di posisi tiga dengan koleksi tiga angka.

Susunan Pemain:
BATE Borisov (4-2-3-1):
Chernik; Polyakov, Gayduchik, Milunovic, Mladenovic; A. Volodko, Nikolic; Stasevich, Gordeychuk, M. Volodko; Signevich

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alves, Pique, Bartra, Alba; Busquets, Mascherano, Roberto/Rakitic (18'); Munir, Suarez, Neymar



(ACF)