Basaria Panjaitan Naik Pangkat Jadi Irjen

Meilikhah    •    Rabu, 21 Oct 2015 10:35 WIB
polri
Basaria Panjaitan Naik Pangkat Jadi Irjen
Irjen Basaria Panjaitan----Ant/Widodo Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Basaria Panjaitan, Staf Ahli Sosial Politik (Sahlisospol) Kapolri naik pangkat dari bintang satu ke bintang dua. Kini, Basaria menyandang status Inspektur Jenderal.

Salah satu calon pimpinan KPK dari Polri ini menjadi polisi perempuan pertama yang menyandang perwira tinggi Polri dengan pangkat bintang dua. Mantan Widya Iswara di Lemdikpol ini pun berharap, kenaikan pangkatnya menjadi teladan bagi polisi wanita lainnya untuk tetap berprestasi.

"Bagus ya, semoga ini menjadi teladan bagi Polwan lainnya, jadi harus bekerja dan belajar lebih giat lagi," ujar Basaria, di Aula Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2015).

Promosi pangkat buat Basaria dipimpin langsung Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Badrodin bertindak sebagai inspektur upacara.

Dia mengingatkan kepada Basaria, jika nanti terpilih sebagai komisioner KPK harus meletakkan jabatannya di Polri dan alih status menjadi pegawai negeri. "Beliau kalau nanti resmi terpilih, ya harus mengundurkan diri," jelas Badrodin.

Selain Basaria, ada 16 perwira tinggi (Pati) Polri lain yang dinaikkan pangkatnya. Salah satunya Aris Budiman yang dinaikkan pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal. Aris yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri kini beralih tugas di KPK menjadi Direktur Penyidikan.

Dalam upacara kenaikan pangkat itu sejumlah pejabat utama Polri turut hadir. Di antaranya Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala Lemdikpol Komjen Syafrudin, dan Kepala Korlantas Irjen Condro Kirono.


(TII)