Kimia Farma Siapkan Capex Rp600 Miliar di 2016

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 21 Oct 2015 11:21 WIB
kimia farma
Kimia Farma Siapkan <i>Capex</i> Rp600 Miliar di 2016
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kimia Farma Tbk (KAEF) berencana menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp600 miliar untuk pengembangan sejumlah ekspansinya tahun depan.

Direktur Utama Kimia Farma, Rusdi Rosman, menyebutkan, selain memanfaatkan kas internal, pemenuhan belanja modal akan dipenuhi dengan memanfaatkan pembiayaan eksternal.

"Kita masih hitung-hitung yang paling menguntungkan. Bisa saja kembali menerbitkan medium term notes (MTN),  pinjaman bank atau mungkin right issue," ujar Rusdi Rosman dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Rusdi menjelaskan, penjajakan right issue telah dilakukan dengan melakukan usulan ke pemegang saham. Tapi, tak tertutup kemungkinan penggunaan dana eksternal akan memanfaatkan pinjaman perbankan atau kembali menerbitkan MTN.

Dana capex, menurut Rusdi, akan digunakan untuk membiayai sejumlah ekspansi perseroan, seperti untuk biaya konstruksi pembangunan dan pembelian mesin-mesin unit pabrik di Banjaran, Bandung.

Pada tahun ini, dia menambahkan, dari alokasi capex sebesar Rp350 miliar telah terserap sekitar Rp200 miliar. Sedangkan sisa capex akan terserap hingga akhir tahun karena kita menganggarkan untuk pembelian mesin-mesin untuk pabrik garam farmasi di Jombang, Jawa Timur (Jatim).

"Kita akan kembangkan apotek untuk usaha yang memberi manfaat kepada masyarakat. Kita bisa jual pulsa, pengiriman uang dan banyak peluang bisnis lainnya," pungkas dia.


(AHL)