Pemerintah Siap Terapkan Pola Pencegahan Penyakit ala Orde Baru

Dheri Agriesta    •    Rabu, 21 Oct 2015 12:10 WIB
jusuf kalla
Pemerintah Siap Terapkan Pola Pencegahan Penyakit ala Orde Baru
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Kazuhiro Nogi/AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsep kesehatan masyarakat yang diterapkan pemerintah masa lalu dinilai baik untuk kembali diprogramkan saat ini. Misalnya, senam setiap Jumat pagi atau menggencarkan sosialisasi makanan empat sehat lima sempurna. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan konsep tersebut untuk menjadikan masyarakat sehat dan mencegah timbulnya penyakit. Pemerintah, kata JK, sudah seharusnya menggalakkan pencegahan timbulnya penyakit, bukan justru menjamin penyembuhan masyarakat yang sakit.

"Kita harus kembali belajar dari masa lalu. Konsep 70-an justru tepat, yang dibuat adalah coba sehat. Tiap Jumat senam pagi, ada senam poco-poco, ada 4 sehat 5 sempurna," kata JK saat memberi arahan di Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/10/2015). 

Di acara itu JK juga menghadiri rapat kerja Kemenkes yang membahas upaya promotif dan preventif sektor kesehatan.  Pemerintah, tambah JK, terseret pola pikir menjamin kesehatan masyarakat dengan memberikan pengobatan gratis. Hal itu membuat pemerintah selalu berpikir pengadaan alat kesehatan menjadi hal utama yang harus dipenuhi.

Dampaknya, tak jarang kepala daerah justru tersandung kasus tindak pidana korupsi pengadaan alat kesehatan. "Selalu timbul dilema berpikir, kita terseret cara pikir salah. Jadi malah pikir alat kesehatan itu penting, tapi bukan utama. Banyak bupati, dokter, dinas yang kena perkara karena alat kesehatan," kata JK.

Pola pikir ini diserap publik. Masyarakat, kata JK, tak lagi berpikir untuk hidup sehat dan mencegah penyakit. Mereka terlena karena merasa penyembuhan penyakit sudah dijamin pemerintah.  JK meminta pemerintah terkait untuk menghentikan iklan dan kampanye yang menjamin pengobatan masyarakat.

"Kemarin kita kampanye BPJS Kesehatan, timbul imej pokoknya kalau Anda sakit dijamin. Ini bahaya buat semua orang, silakan sakit dan dijamin. Nanti orang tak perhatikan gaya hidupnya karena pemerintah jamin. Jangan iklan begitu banyak, nanti orang menghamburkan hidupnya. Nanti tinggal datang bawa kartu, dikasih obat, kalau tidak ya marah," jelas JK.

Di era orde baru, masyarakat diwajibkan untuk mengikuti senam massal, baik di sekolah, di kantor pemerintahan maupun kantor swasta. Biasanya digelar Jumat pagi. Olahraga yang biasanya diiringi musik ini dinamakan senam kesegaran jasmani. Di rezim yang sama, masyarakat juga dikenalkan konsep empat sehat lima sempurna. Itu adalah kampanye makanan sehat dan lengkap. 


(KRI)