Tujuh Tersangka Kasus Pengadaan Traktor Distan Jabar Ditahan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 21 Oct 2015 12:43 WIB
kasus korupsi
Tujuh Tersangka Kasus Pengadaan Traktor Distan Jabar Ditahan
Foto: Ilustrasi penggeledahan Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jabar, Bandung, Jawa Barat/Ant_Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Tujuh tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan traktor roda dua dan pompa air Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat. Dua di antaranya merupakan pejabat Distan Jawa Barat.

"Sejak Senin kemarin, ketujuh tersangka sudah ditahan di Rutan Kebonwaru," kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Suparman di Kota Bandung, Selasa (20/10/2015).

Ketujuh tersangka yakni Kuasa Pengguna Anggaran Pengadaan Wawan Wintarasa dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Nurdiana. Lima lainnya merupakan rekanan Distan Jawa Barat yakni Direktur Utama PT Rizki Mas Slamet Widodo, Dirut PT Mitra Teladan Jaya Karsa Agus Riyanto, Dirut PT Perintis Putra Pasundan Dani Priatna, dan Dirut PT Utusan Karya Nusantara Diana Nurhasanah, serta kurir Deddy Yogasara alias Dedy Tiong.

Enam tersangka pria ditahan di Rutan Kebonwaru, Kota Bandung. Sedangkan satu tersangka wanita dijebloskan ke LP Wanita Kelas IA Sukamiskin, Kota Bandung.

Suparman mengatakan, berkas kasus ini sudah dilimpahkan dari Polda Jawa Barat ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Berkas kasus ini dinyatakan lengkap (P21).

"Karena sudah menjadi kewenangan kejaksaan maka jaksa pun menggunakan kewenangannya yakni melakukan penahanan. Tentu saja penahanan tersebut dilakukan disertai alasan yang jelas," ujar dia.

Dua pejabat Distan Jawa Barat itu diduga mengatur proses lelang pengadaan traktor roda dua dan pompa air pada 2012. Persekongkolan itu melanggar Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Kerugian keuangan negara sebesar Rp1,9 miliar.

"Awalnya, dari usulan N selaku PPK yang menetapkan spesifikasi barang yang mengarah pada merek tertentu. Dalam hal ini diduga N melakukan persekongkolan dengan W," kata dia.


(TTD)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA