Ini Wilayah di Yogya yang Paling Telat Hujan

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 21 Oct 2015 16:24 WIB
cuaca ekstrem
Ini Wilayah di Yogya yang Paling Telat Hujan
Foto ilustrasi. (MI/Liliek Darmawan)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wilayah Kabupaten Gunungkidul menjadi daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang paling terlambat disambangi hujan. Sebab, prakiraan yang BMKG lakukan, Gunungkidul baru memasuki musim hujan pada bulan Desember.

"Gunungkidul diperkirakan Desember baru turun hujan. Ini dampak dari kemarau panjang," kata Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistya saat peresmian Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca BMKG Yogyakarta, Jalan Kabupaten Km 5, Sleman, Rabu (21/10/2015).

Widada mengungkapkan, beberapa wilayah di Yogyakarta juga menghadapi kemunduran musim hujan. Ia mencontohkan, Kulon Progo yang biasanya Oktober sudah turun hujan, justru baru beberapa kali gerimis.

"Prediksinya mundur sekitar satu bulan. November baru turun hujan," jelasnya.

Selain Kulon Progo, daerah yang diprediksi sudah turun hujan di bulan November di antaranya Sleman, Bantul, serta Kota Yogyakarta.

Menurut Widada, kemarau panjang saat ini diakibatkan adanya El Nino yang berdampak pada perubahan iklim. "Dampaknya hujan kurang untuk tahun ini. Karena El Nino ini tidak setiap tahun datang, tidak menentu. Kadang dua tahun, kadang tiga tahun, kadang tujuh tahun," jelasnya.


(SAN)