Sekda Pemkab Sumedang Temui Massa Unjuk Rasa Korban Jatigede

Ismail    •    Rabu, 21 Oct 2015 16:51 WIB
waduk jatigede
Sekda Pemkab Sumedang Temui Massa Unjuk Rasa Korban Jatigede
Foto: Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sumedang Zaenal Alimin menemui perwakilan warga Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat/MTVN_Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Setelah menunggu lama, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sumedang Zaenal Alimin akhirnya menemui pengunjuk rasa warga terkena dampak pembangunan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Zaenal berdiskusi dengan perwakilan warga Jatigede terkait ganti rugi yang belum terealisasi.

Pantauan Metrotvnews.com, ratusan orang terkena dampak (OTD) pembangunan Waduk Jatigede memaksa masuk ke kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang. Mereka berharap Wakil Bupati yang kini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sumedang Eka Setiawan menemui mereka guna menyampaikan tuntutan. Unjuk rasa kali ini sempat ricuh lantaran Eka tak ada di tempat saat warga hendak menyampaikan tuntutan.

Baca: Unjuk Rasa Warga Jatigede di Kantor Pemkab Sumedang Ricuh

Dalam pertemuan dengan Sekda Zaenal, sejumlah warga menyampaikan tuntutan. Mereka mendesak Pemkab Sumedang segera membayar ganti rugi lahan yang belum terealisasi usai 51 hari penggenangan Waduk Jatigede.

Selain itu, warga Jatigede juga mengeluh soal dampak pembangunan waduk. Di antaranya dampak sosial, pendidikan, fasilitas ibadah, hingga sarana air bersih dan listrik yang belum terpenuhi.

"Kami sebagai warga OTD berharap Pemerintah Kabupaten Sumedang bisa memfasilitasi kami, karena masih banyak persolan-persoalan di bawah (area waduk), khususnya warga Jatigede yang belum terakomodasi," kata perwakilan warga Jatigede, Rohmat, 42, di Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (21/10/2015).

Sementara itu, Zaenal Alimin berjanji pihaknya akan memfasilitasi sejumlah keluhan warga Jatigede. Ia juga berjanji akan mengawal proses ganti rugi dan keluhan warga hingga tuntas.

"Kita pemerintah daerah Kabupaten Sumedang tetap konsisten untuk tetap memperhatikan keluhan-keluhan warga genangan Jatigede dan akan terus memfasilitasi hingga berbagai permasalahannya selesai," kata Zaenal Alimin.


(TTD)