Pemprov Berjanji Sahkah Perda Perlindungan Tenaga Kerja

Amaluddin    •    Rabu, 21 Oct 2015 17:13 WIB
buruh
Pemprov Berjanji Sahkah Perda Perlindungan Tenaga Kerja
Aksi buruh menolak RUU Pengupahan, 20 Oktober 2015, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan mengesahkan peraturan daerah (Perda) Perlindungan Tenaga Kerja. Keputusan itu sesuai dengan janji Gubernur Jatim Soekarwo alias Pakde Karwo yang disampaikan pada awal Oktober 2015 lalu.

"Jadi memang untuk pengesahan Perda Tenaga Kerja dan peningkatan Kualitas Komponen Hidup Layak (KKHL) tenaga kerja masih belum terealisasi," kata Asisten III Sekdaprov Jatim, Shafwan, di Surabaya, Selasa (20/10/2015).

Shafwan berjanji segera memproses tuntutan buruh terkait pengesahan Perda dan peningkatan KKHL. "Kami akan meneruskan aspirasi buruh ke Gubernur, biar Perda secepatnya disahkan. Apalagi sebentar lagi momen Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan masuk ke Jatim," katanya.

Untuk mempercepat pengesahan Perda, kata Shafwan, ada dua alternatif yang akan dilakukannya. "Pertama, legislatif memanggil eksekutif untuk menggodok materi Perda. Kedua, materi digodok oleh eksekutif yang kemudian diajukan ke legislatif. Pokoknya secepatnya akan kami lakukan," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Djazuli, menagih janji Gubernur segera mengesahkan Perda. Buruh juga menagih janji peningkatan KKHL.


(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA