PT Timah Minta Peraturan Ekspor Timah Diperketat

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 21 Oct 2015 18:01 WIB
ekspor
PT Timah Minta Peraturan Ekspor Timah Diperketat
Ilustrasi. FOTO/REUTERS

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Timah (Persero) meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah untuk membuat peraturan yang lebih ketat terkait ekspor timah. Ini dilakukan lantaran banyaknya penambang timah yang menyelundupkan timah ke negara-negara tetangga Indonesia.

Direktur Utama PT Timah, Sukrisno, mengatakan selama ini banyak penyelundupan timah yang dilakukan penambang timah ilegal ke beberapa negara tetangga seperti Thailand. Penambang tersebut menyelundupkannya menggunakan jalur laut.

"Timah kita diselundupkan, lewat laut. Satu-satunya jalan regulasi," kata Sukrisno, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2015).

Dengan adanya regulasi yang lebih kuat, menurutnya, dapat mempersempit ruang gerak penambang-penambang ilegal tersebut melakukan ekspor timah.

"Bagaimana ruang gerak dipersempit supaya tidak dijual," ucap dia.

Lebih lanjut, Sukrisno mengungkapkan, meskipun pemerintah sudah menerbitkan beberapa peraturan terkait kegiatan ekspor timah, Sukrisno menyebutkan banyak yang tidak berhasil. Para penambang ilegal tersebut malah mencari celah untuk tetap ekspor timah, salah satunya dengan menggunakan timah solder.

"Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 78 tahun 2013 sudah diatur tapi yang namanya mafia cari celah, sehingga waktu itu banyak tidak diproduksi akal-akalan pakai timah solder sebesar jempol," jelas dia.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA